Pecundangi Tiongkok di Kandangnya, Indonesia Pulangkan Piala Suhandinata
Tim bulutangkis junior Indonesia berhasil mengalahkan Jepang dan lolos ke final Piala Suhandinata 2024. (Dok: PBSI)
19:31
5 Oktober 2024

Pecundangi Tiongkok di Kandangnya, Indonesia Pulangkan Piala Suhandinata

- Juara Piala Suhandinata 2024 berhasil diraih oleh tim bulu tangkis junior Indonesia. Skuad Merah Putih sukses memastikan gelar tersebut usai mengandaskan perlawanan tuan rumah Tiongkok, Sabtu (5/10).

Berlangsung di Nanchang Nanchang International Sports, tim Indonesia mampu meraih kemenangan atas Tiongkok dengan skor 110-103 atas Tiongkok.

Tim Indonesia sebenarnya memulai dengan kurang mulus. Kapten tim Mutiara Ayu Puspitasari harus mengakui ketangguhan andalan Tiongkok, Xu Wen Jing dengan skor 7-11 pada partai pertama.

Namun, Indonesia berhasil membalikkan kedudukan lewat Isyana Syahira/Rinjani Kwimara. Menggadapi Chen Fan Shu/Liu Jia Yue, duet ganda putri itu mengubah situasi jadi 22-15.

Setelahnya, tim Tiongkok terus mencoba mengejar ketertinggalan. Tapi, skuad junior Indonesia berhasil mempertahankan keunggulannya meski dengan selisih tipis.

Misalnya ganda campuran Darren Aurellius/Bernadine Annindya yang mampu menjaga keunggulan saat melawan Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan dengan skor 33-31. Lalu, Moh Zaki Ubaidillah ketika berlaga dengan Hu Zhe Am (44-40).

Indonesia baru bisa sedikit memperlebar keunggulan lewat Anselmus Breagit/Pulung Ramadhan. Duet ganda putra berhasil menambah selisih jadi 7 angka dengan kedudukan 55-48 atas Hu Ke Yuan/Lin Xiang Yi dengan.

Pada partai keenam, Mutiara Ayu berhasil melakukan revans atas Xu Wen Jing. Seolah tak ingin mengulangi kekalahan di partai pertama, dia tampil apik untuk membuat kedudukan berubah jadi 66-55.

Darren Aurelius/Bernadine Anindya yang bermain lagi di partai tujuh, juga menambah keunggulan menjadi 88-77 saat menghadapi Lin Xiang Yi/Liu Yuan-yuan. Begitu pula dengan Moh Zaky Ubaidillah yang terus menjauhkan selisih Indonesia atas Tiongkok ketika berjumpa Hu Zhe An dengan 99-87.

Kemenangan Indonesia pun akhirnya dipastikan oleh Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan. Duet ganda putra itu berhasil mengalahkan pasangan Hu Keyuan/Lin Xiangyi dengan skor 16-11, sekaligus menutup pertarungan dengan skor akhir 110-103.

Kemenangan Anselmus/Pulung itu menandai keberhasilan tim Indonesia menjadi juara Piala Suhandinata 2024. Mereka keluar sebagai yang terbaik usai mempecundangi tuan rumah Tiongkok di kandangnya.

Ini jadi gelar Piala Suhandinata 2024 kedua yang diraih oleh Indonesia. Sebelumnya mereka berhasil mengamankan trofi tersebut pada 2019 lalu. Menariknya, kala itu Indonesia juga mengalahkan Tiongkok pada partai final.

Sebagai informasi, Suhandinata adalah piala khusus kejuaraan junior beregu campuran yang digelar sejak 2000. Nama itu diambil dari orang Indonesia, Suharso Suhandinata yang dikenal berperan penting dalam menyatukan dua lembaga bulu tangkis dunia, International Badminton Federation (IBF) dan World Badminton Federation (WBF).

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #pecundangi #tiongkok #kandangnya #indonesia #pulangkan #piala #suhandinata

KOMENTAR