Adu Hebat Kaya Symons vs Pratama Arhan, Persaingan Bek Kiri Timnas Indonesia Makin Ketat
Adu hebat Kaya Symons vs Pratama Arhan, persaingan bek kiri Timnas Indonesia makin ketat. [Dok. IG/Kaya Symons dan Pratama Arhan]
23:18
2 Oktober 2024

Adu Hebat Kaya Symons vs Pratama Arhan, Persaingan Bek Kiri Timnas Indonesia Makin Ketat

Kaya Symons berpotensi menambah membuat Pratama Arhan semakin sulit bersaing di Timnas Indonesia. Pemain keturunan itu dikabarkan sudah bersedia dinaturalisasi.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, yang mengonfrimasi sendiri kabar soal situasi Symons. Indra memang ingin memperkuat skuadnya usai lolos ke Piala Asia U-20 2025.

Beberapa nama telah masuk radar tim pelatih, di antaranya Tim Geypens, Dion Markx, Mauresmo Hinoke, dan yang terbaru, Kaya Symons.

Kaya Symons, bek kiri muda yang saat ini memperkuat klub Belanda, De Graafschap, juga menunjukkan antusiasme yang tinggi untuk membela Timnas Indonesia.

Baca Juga: Absen Lawan Bahrain dan China, Justin Hubner Tak Bisa Penuhi Janjinya

Symons memang diproyeksikan untuk membela Timnas U-20, tapi jika progresnya bagus tidak menutup peluang ia bisa promosi ke Timnas Senior sekaligus menjadi pesaing Pratama Arhan.

Di lain sisi, posisi Arhan sedang terdesak. Hadirnya Calvin Verdonk semakin meramaikan persaingan bek kiri Timnas indonesia karena sebelumnya ada Shayne Pattynama dan Nathan Tjoe-A-On.

Symons yang usianya 19 tahun cuma berjarak tiga tahun dari Arhan punya peluang bermain reguler di tim utama De Graafschap jika statistiknya musim lalu dan awal musim ini. Lantas, bagaimana perbandingan statistiknya dengan Arhan?

Kaya Symons

Pemain Keturunan Indonesia, Belanda - Medan, Kaya Symons (Instagram Kaya Symons)Pemain Keturunan Indonesia, Belanda - Medan, Kaya Symons (Instagram Kaya Symons)

Di musim 2023/24, Symons bermain untuk Tim U-18 dan Tim U-21 De Graafschap. Total ia mencatatkan 25 penampilan dengan torehan satu gol dan satu assist.

Baca Juga: 4 Faktor Ini Bikin Malik Risaldi Pantas Dipanggil ke Timnas Indonesia

Musim ini, ia masih bermain untuk Tim U-21 dengan catatan dua penampilan. Tapi, ia juga mampu menembus tim utama De Graafschap dengan memainkan satu laga di Liga 2 Belanda selama 33 menit.

Symons juga selalu masuk ke dalam skuad De Graafschap dalam empat pekan terakhir. Meski belum dimainkan lagi, Symons tinggal menunggu kesempatan bermain itu hadir.

Pratama Arhan

Prama Arhan jarang dimainkan oleh Suwon FC. (Instagram/@pratamaarhan8)Prama Arhan jarang dimainkan oleh Suwon FC. (Instagram/@pratamaarhan8)

Musim lalu Arhan masih bermain untuk klub asal Jepang, Tokyo Verdy. Sepanjang musim 2023, eks pemain PSIS Semarang tersebut cuma mentas tiga kali di semua ajang dengan total durasi bermain 210 menit saja.

Arhan lalu bergabung ke klub Liga 1 Korea, Suwon FC pada Januari 2024. Mirisnya kesempatan bermain itu semakin sulit didapatkan Arhan.

Ia baru bermain sekali di K League 1 2024. Bahkan ia hanya bermain 3 menit di laga melawan Jeju United.

Harusnya Pratama Arhan bisa bermain lebih lama, sayangnya ia mendapat kartu merah di laga debutnya itu.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #hebat #kaya #symons #pratama #arhan #persaingan #kiri #timnas #indonesia #makin #ketat

KOMENTAR