Bingung Mees Hilgers Pilih Indonesia, Kakek Robin van Persie Bekerja untuk Penjajah
Mantan pemain Manchester United, Robin van Persie. [OLI SCARFF / AFP]
17:24
26 September 2024

Bingung Mees Hilgers Pilih Indonesia, Kakek Robin van Persie Bekerja untuk Penjajah

Pilihan bek FC Twente, Mees Hilgers untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI) dan bakal membela Timnas Indonesia, membingungkan eks Manchester United, Robin van Persie.

Pernyataan Van Persie ini menimbulkan pro kontra khususnya di pecinta sepak bola nasional. Van Persie mengaku bingung dengan keputusan Hilgers untuk membela Timnas Indonesia.

Van Persie akui bahwa Mees Hilgers ialah salah satu bek berbakat untuk timnas Belanda. Van Persie bilang bahwa Hilgers harusnya bisa bersabar untuk bisa membela tim Orange.

"Saya sedikit bertanya-tanya mengapa dia akhirnya memilih Indonesia. Jika dia bisa bersabar sedikit lagi, mungkin Ronald Koeman bisa saja memanggilnya ke skuad Belanda," kata Van Persie.

Baca Juga: Siapa Jeffrey de Visscher? Asisten Pelatih Mees Hilgers di FC Twente yang juga Keturunan Indonesia

Pemain timnas Belanda Robin van Persie (9) ditempel ketat dua pemain timnas Indonesia Victor Igbonefo (5) dan Toni Sucipto (6) dalam laga uji coba di Bung Karno stadium, Jakarta, 7 Juni 2013. AFP PHOTO / Bay ISMOYOPemain timnas Belanda Robin van Persie (9) ditempel ketat dua pemain timnas Indonesia Victor Igbonefo (5) dan Toni Sucipto (6) dalam laga uji coba di Bung Karno stadium, Jakarta, 7 Juni 2013. AFP PHOTO / Bay ISMOYO

Pernyataan itu kabarnya dilontarkan Van Persie usai pertandingan SC Heerenveen melawan FC Twente pada Rabu (18/9/2024).

Nah, menariknya beberapa waktu ke belakang, Robin van Persie sempat disebut-sebut sebagai pemain keturunan Indonesia. Van Persie bahkan disebut memiliki darah Surabaya, Jawa Timur.

Namun faktanya justru kebalikan. Van Persie sama sekali tidak mempunya darah Indonesia. Hal ini ditegaskan oleh sang ayah, Bob Van Persie.

Bob menegaskan bahwa Robin van Persie 100 persen orang Belanda. Hal ini diungkapkan Bob kepada salah satu pemerhati sepak bola Indonesia di Belanda, Eka Tanjung.

Eka Tanjung yang cukup fokus pada pengumpulan data pemain keturunan Indonesia di Belanda sempat bertanya langsung kepada Bob van Persie.

Baca Juga: Giliran Pelatih Keturunan Indonesia Unjuk Skill di Liga Europa Dinihari Nanti

Bob kepada Eka Tanjung menyampaikan informasi bahwa yang benar bahwa ayah dan kakeknya dulu memang bekerja di Hindia Belanda dengan menjadi angkatan laut Kerajaan Belanda.

"Kalaupun ada hubungannya dengan Indonesia. Dahulu kakek dan ayah saya bekerja di Hindia Belanda sebagai angkatan laut Kerajaan Belanda," kata Bob menjawab Eka Tanjung via email seperti dikutip Suara.com dari postingan akun @FT_IDN tertanggal 1 Desember 2021.

"Walau tidak dari mulut Van Persie sendiri tapi jawaban ini sudah menjelaskan bahwa pemain bintang ini tidak ada kaitan darah dengan Indonesia. Sepakbolanda 17 Juni 2014 by. Om @ekatanjung," cuit akun @FT_IDN

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #bingung #mees #hilgers #pilih #indonesia #kakek #robin #persie #bekerja #untuk #penjajah

KOMENTAR