Fans Belanda Ribut, Tak Terima Mees Hilgers Disebut Orang Indonesia saat Hadapi Man United
Bek keturunan Indonesia, Mees Hilgers (kelima dari kiri) melakukan selebrasi bersama skuad FC Twente setelah timnya mencetak gol penyama kedudukan kontra Manchester United dalam matchday pertama Liga Europa 2024/2025 di Old Trafford, Kamis (26/9/2024) dini hari WIB. [Dok. AFP]
09:12
26 September 2024

Fans Belanda Ribut, Tak Terima Mees Hilgers Disebut Orang Indonesia saat Hadapi Man United

Beberapa fans sepak bola Belanda nyatanya tidak terima dengan kenyataan Mees Hilgers tak lagi mewakili negaranya di kancah sepak bola internasional.

Mees Hilgers, yang akan segera merampungkan proses naturalisasi pekan ini, sudah disebut sebagai pesepak bola Indonesia oleh penyedia situs statistik kenamaan, Opta.

Hal itu terlihat ketika Opta menyampaikan salah satu data terkait duel Manchester United vs FC Twente dalam matchday pertama Liga Europa 2024/2025 di Old Trafford, Kamis (26/9/2024) dini hari WIB.

Opta menyebut FC Twente sebagai menyamai rekor Ajax Amsterdam sebagai tim Eredivisie yang memainkan sembilan pemain berpaspor Belanda dalam starting XI di kompetisi Eropa.

Baca Juga: Berapa Umur Julian Oerip? Pemain Muda yang Bisa Jadi Masa Depan Timnas Indonesia

Sebelum FC Twente, tim Eredivisie terakhir yang melakukan itu adalah Ajax Amsterdam pada 12 Desember 2016 ketika menghadapi Standard Liege.

Dalam susunan pemain yang diunggah melalui akun resmi X milik mereka, @OptaJohan, Opta tidak menghitung Mees Hilgers sebagai pesepak bola Belanda.

Dalam starting XI FC Twente itu, Mees Hilgers ditulis sebagai pesepak bola Indonesia. Dia menjadi dua 'orang asing' di tubuh FC Twente bersama kiper Lars Unnerstal yang merupakan pemain asal Jerman.

Mengejutkannya, data yang dibagikan Opta justru mengundang perdebatan dari fans asal Belanda.

Bek keturunan Indonesia, Mees Hilgers (kanan atas) melakukan selebrasi bersama skuad FC Twente setelah timnya mencetak gol penyama kedudukan kontra Manchester United dalam matchday pertama Liga Europa 2024/2025 di Old Trafford, Kamis (26/9/2024) dini hari WIB. [Dok. AFP]Bek keturunan Indonesia, Mees Hilgers (kanan atas) melakukan selebrasi bersama skuad FC Twente setelah timnya mencetak gol penyama kedudukan kontra Manchester United dalam matchday pertama Liga Europa 2024/2025 di Old Trafford, Kamis (26/9/2024) dini hari WIB. [Dok. AFP]

Dia menyebut FC Twente sejatinya memainkan 10 pesepak bola Belanda dalam starting XI menghadapi Manchester United.

Baca Juga: Breaking News! Raphael Varane Pensiun, Tinggalkan Klub Orang Indonesia?

Dia tak terima Mees Hilgers disebut sebagai pesepak bola Indonesia.

"Harusnya 10 kan? Unnerstall orang Jerman, yang lainnya orang Belanda," kata akun X @maurice0545.

Orang Belanda lain kemudian mengingatkan bahwa Hilgers telah mengubah kewarganegaraannya.

Namun, akun X tersebut menegaskan sampai saat ini Mees Hilgers masih memegang paspor Belanda.

"Dia punya paspor olahraga jadi dia tidak kehilangan kewarganegaraan Belandanya. Saya mengerti maksud Anda, tetapi bukan begitu cara kerjanya ketika Anda seorang atlet," tulis akun X @maurice0545.

Seorang fans lain kemudian mengingatkannya bahwa di Indonesia tidak ada aturan dwikewarganegaraan sehingga saat pindah, Mees Hilgers hanya akan memegang paspor Belanda.

Di atas kertas, Hilgers sejatinya memang belum resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Proses terakhir naturalisasinya yakni pengambilan sumpah sebagai WNI baru akan dilaksanakan di Kedutaan Indonesia di Belanda pada 30 September mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #fans #belanda #ribut #terima #mees #hilgers #disebut #orang #indonesia #saat #hadapi #united

KOMENTAR