Jangan Asal Hujat, Kasus Welber Jardim Beda dengan Elkan Baggott
Welber Jardim dicoret dari timnas Indonesia U-20. (Instagram/@welber07official)
11:48
25 September 2024

Jangan Asal Hujat, Kasus Welber Jardim Beda dengan Elkan Baggott

Nama Welber Jardim jadi perbincangan setelah tidak kunjung bergabung dengan skuad Timnas Indonesia U-20 jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2024.

Pemain keturunan Brasil-Banjarmasin itu sempat mendapat hujatan karena dianggap mangkir dari panggilan pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri.

Indra Sjafri kepada awak media, menjelaskan bahwa dirinya sempat menunggu kehadiran Welber Jardim hingga detik-detik terakhir penentuan pemain.

Namun, hingga Minggu (22/9/2024) malam WIB, Welber Jardim tidak kunjung datang ke Jakarta.

Baca Juga: Seberapa Kuat Maladewa U-20? Lawan Pertama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Indra Sjafri pun terpaksa mencoret pemain yang fasih memerankan posisi bek sayap kanan dan gelandang itu.

Sebanyak 23 pemain pun akhirnya dipilih untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2024 yang berlangsung pada 25 hingga 29 September di Stadion Madya, Jakarta ini.

Indra Sjafri pun menutup pintu terkait kemungkinan Welber Jardim datang menyusul. Dia menegaskan tidak ingin bergantung dengan salah satu pemain.

"Secara prinsip, klub Welber Jardim sudah melepasnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-20," kata Indra Sjafri kepada awak media.

"Tiket penerbangan pun sudah kami berikan."

Baca Juga: Piala AFF 2023 Belum Mulai, Timnas Vietnam Sudah Berniat Pakai Cara Curang

"Namun sampai detik-detik terakhir pendaftaran, dia tidak datang. Bagi tim pelatih, kami tidak mau bergantung terhadap satu atau dua pemain."

Manajer Timnas Indonesia U-17 dan U-20 Ahmed Zaki Iskandar (@zaki.iskandar_story)Manajer Timnas Indonesia U-17 dan U-20 Ahmed Zaki Iskandar (@zaki.iskandar_story)

Terpisah, Manajer Timnas Indonesia U-20, Zaki Iskandar memberikan informasi tambahan. Dia menegaskan Welber Jardim bukan mangkir, tetapi tidak jadi dilepas Sao Paulo U-17.

Sao Paulo U-17 saat ini tengah berkompetisi di Paulista Cup 2024. Welber Jardim bahkan mencetak gol untuk membantu timnya menang atas Ituano guna melangkah ke perempat final.

Keberhasilan lolos ke perempat final kemungkinan menjadi faktor Sao Paulo U-17 tidak jadi melepas Welber Jardim ke Timnas Indonesia.

"Welber Jardim jadwal klubnya padat. Tidak diberikan izin," kata Zaki dalam ketarangannya.

Penjelasan Zaki membuat kasus Welber Jardim berbeda dengan Elkan Baggott di Timnas Indonesia U-23.

Jika Welber tidak diizinkan klub, Elkan Baggott diketahui tidak mengindahkan panggilan Shin Tae-yong untuk membela Garuda di playoff Olimpiade 2024 karena alasan lain.

Saat itu, Elkan Baggott telah diberikan waktu libur oleh Ipswich Town menyusul sudah rampungnya kompetisi di Inggris.

Namun, sang pemain tidak hadir meski Timnas Indonesia U-23 tengah krisis lini belakang. Tanpa Baggott, skuad Merah Putih akhirnya kalah 0-1 dari Guinea U-23 dan harapan tampil di Olimpiade 2024 pun pupus.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #jangan #asal #hujat #kasus #welber #jardim #beda #dengan #elkan #baggott

KOMENTAR