Profil Tomoka Miyazaki, Bocah 18 Tahun asal Jepang yang Sukses Tembus Semifinal China Open
Tomoka Miyazaki. (BWF)
18:46
20 September 2024

Profil Tomoka Miyazaki, Bocah 18 Tahun asal Jepang yang Sukses Tembus Semifinal China Open

- Tomoka Miyazaki menjadi nama terbaru yang harus diingat oleh badminton lovers (BL). Pebulutangkis asal Jepang itu kini dianggap sebagai 'bocah ajaib' karena usianya masih sangat belia namun sudah memiliki sejumlah pencapaian dan prestasi gemilang.

Terbaru, Tomoka Miyazaki berhasil menembus semifinal China Open 2024. Ini menjadi empat besar pertamanya di BWF World Tour Super 1000, level tertinggi dalam rangkaian tur bulu tangkis dunia.

Tomoka Miyazaki memastikan tiket semifinal China Open 2024 setelah berhasil mengalahkan andalan Singapura, Jia Min Yeo pada babak perempat final. Dia menang lewat pertarungan straight game 21-18, 21-6 di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, Tiongkok, Jumat (20/9).

Selanjutnya, Tomoka Miyazaki bakal menantang seniornya, Akane Yamaguchi di babak semifinal China Open 2024. Pertarungan mereka dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (21/9).

Sebelum menyaksikan perjuangan juara dunia junior 2022 itu di semifinal China Open 2024, JawaPos.com coba merangkum profil Tomoka Miyazaki, si bocah ajaib baru yang masih berusia 18 tahun.

Profil Tomoka Miyazaki

Tomoka Miyazaki adalah pebulutangkis tunggal putri kelahiran 17 Agustus 2006 di Osaka, Jepang. Namanya sebenarnya sudah mulai melejit dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di level junior.

Bagaimana tidak, Tomoka Miyazaki sudah langsung menggebrak persaingan dunia junior sejak 2022. Dia berhasil keluar sebagai juara dunia junior saat usianya masih 16 tahun.

Setelah juara dunia, Tomoka Miyazaki perlahan mulai naik kelas dan mencoba bertanding di level senior. Dia mengikuti turnamen-turnamen sekelas Future Series (FS), International Series (IS), International Challenge (IC), hingga BWF World Tour Super 100.

Hasilnya, Tomoka Miyazaki beberapa kali mampu bertanding hingga akhir pekan alias melaju sampai babak semifinal dan final. Bahkan gelar pun berhasil diraih seperti Saipan International 2023 (IC) dan Indonesia Masters II 2023 (S100).

Tomoka Miyazaki juga sesekali turun di level Super 300 pada tahun lalu. Hasilnya pun dia sempat membuat kejutan dengan berhasil menembus final Korea Masterz 2023, turnamen BWF World Tour Super 300. Tomoka Miyazaki keluar sebagai runner-up usai kalah dari Kim Ga Eun pada partai puncak.

Meski sudah naik kelas, Tomoka Miyazaki masih mengikuti ajang kejuaraan asia junior dan kejuaraan dunia junior pada tahun lalu. Tapi hasilnya dia hanya melaju sampai babak perempat final saja.

Menariknya, saat tersingkir di perempat final Kejuaraan Dunia Junior 2023, Tomoka Miyazaki kalahnya dari pemain Indonesia, Chiara Marvella Handoyo. Kala itu dia kalah 14-21, 21-18, 20-22.

Nah pada tahun ini, Tomoka Miyazaki semakin matang. Dia pun mulai meninggalkan level junior sepenuhnya dan semakin rutin bermain di level Super 300 hingga Super 1000. Meskipun masih inkonsisten dan kerap tersingkir di babak awal, tapi tak jarang Tomoka Miyazaki bikin kejutan.

Kejutan paling istimewa tersebut adalah saat Tomoka Miyazaki sukses menjuarai Orleans Masters 2024 (S300). Selain itu, dia juga berhasil menembus semifinal Hongkong Open 2024 (S500) pada pekan lalu.

Puncaknya, Tomoka Miyazaki menembus China Open 2024, yang notabene turnamen BWF World Tour Super 1000. Bisa dibilang, berada di titik ini adalah yang tertinggi melebihi pencapaiannya juara Orleans Masters 2024.

Pencapaian Tomoka Miyazaki ini seolah jadi cambuk bagi para atlet dunia, termasuk Indonesia. Sebab kebanyakan pebulutangkis seusianya masih tergopoh-gopoh di level bawah seperti IC, dan kesulitan naik kelas S300.

Contohnya adalah Chiara, pemain Indonesia yang pernah mengalahkan Tomoka Miyazaki di WJC 2023. Pemain binaan PB Djarum itu kini masih berkutat di level IC dan Super 100. Teranyar di Vietnam Open 2024 (S100), Chiara langsung tersisij di babak pertama usai kalah dari Dai Wang.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #profil #tomoka #miyazaki #bocah #tahun #asal #jepang #yang #sukses #tembus #semifinal #china #open

KOMENTAR