Gaji Seminggu Ian Maatsen Bisa Bayar 2 Bulan Gaji Shin Tae-yong
Shin Tae-yong dan Ian Maatsen (kolase Suara.com)
18:54
19 September 2024

Gaji Seminggu Ian Maatsen Bisa Bayar 2 Bulan Gaji Shin Tae-yong

Mengupas gaji pemain keturunan, Ian Maatsen, per pekannya di Aston Villa yang ternyata bisa membayar gaji pelatih Timnas Indonesi, Shin Tae-yong, selama dua bulan.

Nama Ian Maatsen mendadak jadi perbincangan karena dikabarkan akan menjadi pemain naturalisasi berikutnya di Timnas Indonesia.

Kabar ini berkembang setelah akun resmi KNVB berbahasa Indonesia, @oranje_indonesia, mengunggah foto Ian Maatsen bersama Mees Hilgers.

Mengingat Mees Hilgers saat ini tengah berada dalam proses naturalisasi, maka banyak netizen meyakini unggahan itu menjadi kode bahwa Ian Maatsen juga akan dinaturalisasi.

Baca Juga: Tajam di Klub, Malik Risaldi Bisa Jadi Pesaing Rafael Struick di Timnas Indonesia?

Kode ini pun dikaitkan dengan fakta bahwa pemain berusia 22 tahun itu sama sekali belum pernah memperkuat Timnas Belanda senior.

Kendati sudah dipanggil ke Timnas Belanda senior di berbagai ajang, pemain keturunan Jawa itu belum pernah dimainkan sama sekali.

Belakangan Ian Maatsen juga mengeluh tentang kondisi ini. Terbaru, dikutip BeingSport, ia kecewa karena tak dipanggil ke tim senior Belanda dan justru bermain di kelompok umur.

Ian Maatsen, pemain keturunan yang sedang disorot usai diposting Oranje Indonesia. (Instagram/@maatsen_)Ian Maatsen, pemain keturunan yang sedang disorot usai diposting Oranje Indonesia. (Instagram/@maatsen_)

Dengan kondisi ini, Ian Maatsen pun diprediksi bisa dibujuk untuk dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia, seperti halnya Mees Hilgers.

Terlepas dari kondisinya itu, menarik membahas sisi lain soal Ian Maatsen, terutama soal gajinya. Kira-kira berapa gajinya di klub Premier League, Aston Villa?

Baca Juga: Profil David da Silva, Striker Brasil Sentil Shin Tae-yong Ingin Bela Timnas Indonesia

Bisa Bayar Gaji Shin Tae-yong 2 Bulan?

Dilansir laman Capology, Ian Maatsen mendapatkan bayaran 100 ribu poundsterling atau sekitar Rp2 miliar per pekannya di Aston Villa.

Jika dihitung per tahun, maka eks penggawa Chelsea ini mengantongi bayaran sekitar 5,2 juta poundsterling atau setara Rp104,7 miliar per tahunnya.

Gaji Ian Maatsen itu merupakan gaji standar bagi pesepak bola di Inggris. Sebagai bukti, gaji Ian Maatsen itu membuatnya berada di peringkat ke-11 pemain dengan bayaran termahal di Aston Villa.

Meski ukuran gajinya standar bagi pesepak bola Inggris pada umumnya, gaji Ian Maatsen per pekan itu ternyata melebihi gaji Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Sebagai perbandingan, laporan terakhir mengatakan bahwa gaji Shin Tae-yong di Indonesia per tahunnya adalah 1 juta dolar AS atau Rp15,1 miliar sesuai kurs saat ini.

Jika dihitung per bulan, maka Shin Tae-yong mendapat bayaran kurang lebih sekitar Rp1,2 miliar per bulannya selama melatih Timnas Indonesia.

Dengan kata lain, gaji Ian Maatsen per pekannya di Aston Villa bisa membayar hampir dua kali gaji Shin Tae-yong selama sebulan di Indonesia.

Hanya saja, gaji Shin Tae-yong itu diyakini mengalami peningkatan drastis mengingat ia baru saja meneken kontrak baru bersama Timnas Indonesia hingga 2027.

Meski mengalami peningkatan, bisa saja gaji per bulan Shin Tae-yong saat ini sama dengan bayaran Ian Maatsen selama sepekan bermain di Aston Villa.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #gaji #seminggu #maatsen #bisa #bayar #bulan #gaji #shin #yong

KOMENTAR