Hongkong Open: Ketika Duet Non-Pelatnas PBSI Sabar/Reza Capai Final S500 Perdana
Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani melaju ke final Hongkong Open 2024. (Dok: PBSI)
13:32
14 September 2024

Hongkong Open: Ketika Duet Non-Pelatnas PBSI Sabar/Reza Capai Final S500 Perdana

Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani menjadi wakil Indonesia pertama di final Hongkong Open 2024. Duet ganda putra non-Pelatnas PBSI mengamankan tiket ke partai puncak usai mengandaskan perlawanan Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana, 21-13, 21-17 pada babak semifinal, Sabtu (14/9) pagi.

Berlangsung di Hongkong Coliseum, Hung Hom Bay, Kowloon, Sabar/Reza tampil sangat mulus nyaris tanpa cela sejak awal. Permainannya sukses membuat Leo/Bagas kerepotan. Mereka terus mendominasi dan akhirnya menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan.

Bagi Sabar/Reza, kemenangan ini membuat mereka sukses melaju ke final BWF World Tour Super 500 pertama sepanjang kariernya. Selain itu, hasil ini sekaligus jadi balas dendam Sabar/Reza kepada Leo/Bagas.

Sebelumnya, kedua pasangan pernah bentrok pada babak kedua Japan Open 2024, 22 Agustus lalu. Namun, kala itu Sabar/Reza dipaksa menyerah oleh Leo/Bagas lewat duel straight game 18-21, 16-21.

"Dua pertandingan baik di perempatfinal dan semifinal kami bisa revans dengan lawan yang mengalahkan kami sebelumnya. Strategi yang kami persiapkan berjalan dengan baik. Semoga berlanjut sampai besok di final," kata Sabar dalam keterangan resmi PBSI.

Serupa dengan Sabar, Reza juga mensyukuri hasil di semifinal Hongkong Open 2024. Dia mengaku tidak menyangka bisa melaju ke final. Apalagi, langkah dan perjuangan mereka di turnamen Super 500 ini tidak mudah.

Dalam perjuangannya, Sabar/Reza sudah harus bertemu dengan seniornya yang juga ganda putra non-Pelatnas PBSI, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada babak pertama. Kemudian di putaran berikutnya berjumpa dengan Chen Bo Yang/Guo Ruo Han dari Tiongkok.

Sebelum bertemu dengan Leo/Bagas di semifinal, Sabar/Reza harus berhadapan dengan unggulan ketujuh asal Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee. Tapi, mereka akhirnya berhasil memenangkannya meski tidak dengan skor 21-18, 21-15.

"Tidak menyangka bisa sampai ke babak final, ini berkat dukungan keluarga, istri dan seluruh masyarakat Indonesia yang mendukung," ucap Reza.

"Setelah bisa melewati The Daddies di babak pertama, percaya diri kami di lapangan semakin tumbuh. Di babak pertama kan masih meraba-raba situasi jadi setelah lewat jadi lebih nyaman bermainnya," tambah pemain binaan PB Jaya Raya Jakarta ini.

Selanjutnya, Sabar/Reza akan berhadapan dengan pemenang duel Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan) kontra Chiu Hsiang Chieh/Wang Chi Lin (Taiwan). Menurut Sabar, kedua pasangan itu bukanlah lawan yang mudah.

"Besok lawan siapa saja pasti secara pengalaman lebih banyak ya. Kang/Seo peringkatnya lebih tinggi dari kami atau secara pencapaian Wang Chi-Lin adalah pemilik dua medali emas Olimpiade walaupun sekarang bermain dengan pasangan berbeda. Tapi, kami tidak mau gentar, kami mau berusaha memberikan yang terbaik," jelas Boy, sapaan akrab Sabar.

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #hongkong #open #ketika #duet #pelatnas #pbsi #sabarreza #capai #final #s500 #perdana

KOMENTAR