Pelatih Australia Bahas Maarten Paes, Isyaratkan Ada yang Salah dengan Timnas Indonesia
Pelatih timnas Australia, Graham Arnold (tengah) bereaksi kepada wasit saat Awer Mabil (kiri) dari Australia dan Calvin Verdonk (kanan) dari Timnas Indonesia menunggu selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia vs Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 10 September 2024. ADITYA AJI / AFP.
12:12
11 September 2024

Pelatih Australia Bahas Maarten Paes, Isyaratkan Ada yang Salah dengan Timnas Indonesia

Pelatih timnas Australia, Graham Arnold menyoroti kehebatan kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes yang jadi bintang dalam matchday kedua Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selas (10/9/2024) malam WIB.

Maarten Paes diganjar predikat Man of the Match (MOTM) setelah membantu Timnas Indonesia menahan imbang Australia tanpa gol di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Menyitat statistik LapangBola, Maarten Paes membuat lima penyelamatan krusial untuk menghindarkan Garuda dari kekalahan.

Sebagai informasi, Australia tampil dominan dalam laga ini. Mereka menguasai 67 persen penguasaan bola dan melepaskan 15 tembakkan dengan lima mengarah ke gawang.

Baca Juga: Rekor Gila Timnas Indonesia, Samai Prestasi Thailand Cuma Lewat 2 Laga Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

Namun, serangan-serangan Tim Kanguru mampu selalu digagalkan lini pertahanan Timnas Indonesia, terkhusus Maarten Paes yang pontang-panting menghindari gawang Garuda dari kebobolan.

Bagi Maarten Paes, ini menjadi kali kedua secara beruntun dirinya menyabet predikat MOTM bersama Timnas Indonesia. Sebelumnya, dia juga jadi bintang saat Garuda menahan Arab Saudi 1-1 pada 6 September lalu.

Pelatih Australia, Graham Arnold menyiratkan bahwa performa bagus Maarten Paes menjadi tanda bahwa ada yang salah dari Timnas Indonesia.

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes (Instagram/maartenpaes)Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes (Instagram/maartenpaes)

Timnas Indonesia bisa diasumsikan bermain dalam tekanan besar dalam dua matchday Grup C melawan Arab Saudi dan Australia sehingga peran kiper menjadi sangat krusial karena harus bekerja keras untuk menggagalkan banyak peluang.

"Kami membuat banyak peluang. Karena itu bukan hal mengejutkan bahwa predikat Man of the Match diberikan kepada kiper Timnas Indonesia," kata Graham Arnold dalam konferensi pers pasca pertandingan, Selasa (10/9/2024).

Baca Juga: Here We Go! 3 Pemain Keturunan Baru Potensi Dinaturalisasi Jelang Timnas Indonesia vs China dan Bahrain

Meski seakan merendahkan pencapaian Maarten Paes, Graham Arnold juga memberikan pujian kepada Timnas Indonesia yang sukses membuat Jackson Irvine dan kawan-kawan frustrasi sepanjang pertandingan.

Hasil imbang tanpa gol kontra Timnas Indonesia membuat Australia dan Arnold dalam tekanan besar. Pasalnya, pada matchday pertama, Australia tumbang 0-1 dari Bahrain di kandang sendiri.

Hasil itu membuat Australia untuk sementara menduduki peringkat kelima Grup C dengan koleksi satu poin, tertinggal satu poin dari Timnas Indonesia di urutan keempat.

"Kami membuang banyak peluang. Sangat mengecewakan dua laga awal gagal menang. [Tapi] masih ada 8 laga lagi," kata Graham Arnold.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pelatih #australia #bahas #maarten #paes #isyaratkan #yang #salah #dengan #timnas #indonesia

KOMENTAR