Federasi Futsal Indonesia Targetkan Pelatih Timnas Hector Souto Final Piala AFF 2024 hingga Semifinal Piala AFC 2026
Federasi Futsal Indonesia (FFI) memperkenalkan Hector Souto sebagai pelatih Timnas Futsal Indonesia. (Istimewa)
10:20
8 September 2024

Federasi Futsal Indonesia Targetkan Pelatih Timnas Hector Souto Final Piala AFF 2024 hingga Semifinal Piala AFC 2026

–Target jangka pendek dan menengah diusung Federasi Futsal Indonesia (FFI) usai resmi memperkenalkan Hector Souto sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia. Souto sudah dipasang target tinggi untuk membawa Timnas Futsal Indonesia masuk ke final AFF Futsal Championship 2024 sebagai jangka pendek dan semifinal Piala AFC 2026.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) FFI Michael Victor Sianipar menyatakan, di bawah asuhan pelatih asal Spanyol itu, target terdekat di AFF Futsal Championship 2024 yang akan digelar November.

”Kami berharap Indonesia bisa masuk final dan dengan persiapan yang kita lakukan semoga kita bisa menjuarai kompetisi tersebut, setidaknya kita bisa masuk final dulu,” ucap Michael.

Selain itu, rencananya pada 2026, Indonesia menjadi salah satu kandidat untuk menjadi tuan rumah AFC 2026.

”Kami bahas dengan PSSI dan Kemenpora. Kalau dapat dukungan penuh proses ini jalan terus. Dan persiapan timnas punya prestasi dapat peringkat yang baik ke semifinal,” ucap Michael Victor Sianipar.

Karena target itu, pihaknya tidak main-main dalam menentukan pelatih. Sebelumnya, pengurus dengan beberapa pelatih dan mantan pemain melakukan forum grup discussion untuk menentukan pelatih.

”Ada beberapa nama dan punya pengalaman Indonesia. Lalu diputuskan Coach Hector Suoto. Kami mendukung penuh untuk timnas yang lebih baik ke depan,” papar Michael Victor Sianipar.

Ditargetkan langsung masuk ke final AFF Futsal Championship 2024, Souto tidak mempermasalahkan hal tersebut. Yang terpenting untuk timnya saat ini adalah memaksimalkan potensi pemain dalam waktu singkat.

Menurut dia, di level Asia Tenggara ada nama Thailand dan Vietnam yang bakal menyulitkan. Selain itu, negara lain seperti Malaysia juga diwaspadai. ”Mereka akan jadi lawan berat kami di Piala AFF,” lanjut Michael Victor Sianipar.

Saat ini, Souto pun telah memanggil 25 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Malang. Meski terbilang pelatih baru, tetapi dia sudah tidak asing lagi dengan suasana futsal Indonesia. Sebab, dia pernah menjadi pelatih Bintang Timur Surabaya.

Sementara itu, terakhir kali Indonesia tampil di AFF Futsal Championship adalah pada 2022. Kala itu, Timnas Indonesia berhasil melaju ke final namun harus puas menjadi runner-up.

Selain itu, Michael juga menekankan pentingnya dukungan seluruh elemen yang terlibat dalam pengembangan futsal di Indonesia, termasuk para pemain, staf pelatih, dan sponsor.

”Kami berharap semua pihak dapat bekerja sama untuk mendukung setiap langkah yang diambil Coach Souto. Kami percaya bahwa dengan kolaborasi dan komitmen yang kuat, kita dapat mencapai kesuksesan bersama,” ucap Michael Victor Sianipar .

Specs Indonesia, sebagai salah satu sponsor utama Timnas Futsal, akan turut hadir dalam acara itu. Perwakilan Specs Indonesia akan berbagi pandangan tentang komitmen mereka dalam mendukung pengembangan futsal di Indonesia serta kerja sama yang berkelanjutan dengan FFI. Dukungan dari Specs Indonesia diharapkan dapat memperkuat persiapan dan performa Timnas Futsal dalam setiap pertandingan yang akan datang.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #federasi #futsal #indonesia #targetkan #pelatih #timnas #hector #souto #final #piala #2024 #hingga #semifinal #piala #2026

KOMENTAR