Absen Lawan Arab Saudi, Ini Jadwal Debut Maarten Paes di Timnas Indonesia!
Maarten Paes absen saat Timnas Indonesia menghadapi Arab Saudi, tetapi dijadwalkan bisa debut saat melawan Australia pada 10 September 2024. (Instagram/maartenpaes)
12:24
21 Agustus 2024

Absen Lawan Arab Saudi, Ini Jadwal Debut Maarten Paes di Timnas Indonesia!

Kiper keturunan Maarten Paes dipastikan absen saat Timnas Indonesia bertandang ke markas Arab Saudi. Lalu, kapan jadwal penjaga gawang FC Dallas itu debut bersama Garuda?

Maarten Paes merupakan pemain yang telah dinaturalisasi dan memegang paspor Indonesia sejak akhir April 2024 lalu.

Namun, debut mantan pemain FC Utrecht itu bersama Timnas Indonesia harus tertunda karena terganjal masalah perubahan asosiasi di FIFA.

Kini, FIFA telah memberi lampu hijau bagi Maarten Paes untuk mengubah asosiasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia).

Baca Juga: Fakta Menarik Pratama Arhan di Balik Isu Perselingkuhan Azizah Salsha, Bukan Pesepakbola Pansos dan Kaleng-kaleng

Hal itu diumumkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir melalui unggahannya di Instagram pada Minggu, 18 Agustus lalu.

Meski demikian, Paes nyatanya masih harus menunggu debutnya lebih lama. Exco PSSI Arya Sinulingga menyebut sang kiper bakal absen saat Timnas Indonesia menantang Arab Saudi pada 5 September mendatang.

Hal itu terjadi lantaran deadline pendaftaran nama-nama pemain untuk matchday pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia itu telah ditutup Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada 5 Agustus lalu.

Alhasil, peluang terdekat Maarten Paes untuk menjalani debut bersama Timnas Indonesia akan terjadi pada 10 September mendatang.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga saat ditemui di GBK Arena, Jakarta, Selasa (2/4/2024). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga saat ditemui di GBK Arena, Jakarta, Selasa (2/4/2024). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Selepas menghadapi Arab Saudi, Timnas Indonesia dijadwalkan menjamu Australia pada 10 September di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Baca Juga: Rawan Depresi, Shin Tae-yong Diminta Bantu Pratama Arhan yang Diterpa Isu Perselingkuhan

"Kita lawan Australia tanggal 10 September, jadi batas [pendaftarannya] tanggal 3 September," kata Arya Sinulingga dikutip dari kanal YouTube miliknya, Rabu (21/8/2024).

"Nah, berarti sudah bisa nih Maarten Paes main untuk laga melawan Australia. Karena batas waktunya tadi sudah clear ya. Semoga tidak ada lagi kebingungan," tambahnya.

Kehadiran Maarten Paes sangat ditunggu-tunggu pecinta sepak bola Indonesia maupun pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Pasalnya, Garuda yang merupakan satu-satunya wakil ASEAN di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan menghadapi lawan-lawan tangguh di Grup C.

Setelah menghadapi Arab Saudi dan Australia, Timnas Indonesia juga sudah ditunggu Jepang, Bahrain dan China.

Semua tim itu kecuali Bahrain, merupakan tim yang telah mencicipi atmosfer tampil di putaran final Piala Dunia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #absen #lawan #arab #saudi #jadwal #debut #maarten #paes #timnas #indonesia

KOMENTAR