Siapa Orangtua Maarten Paes yang Ternyata Tidak Memiliki Darah Indonesia?
Maarten Paes (Instagram/maartenpaes)
22:00
20 Agustus 2024

Siapa Orangtua Maarten Paes yang Ternyata Tidak Memiliki Darah Indonesia?

Mengulik siapa orangtua Maarten Paes yang baru ini dipastikan bisa bermain untuk timnas Indonesia. Benarkah tak punya garis keturunan?

Maarten Paes dikabarkan direstui FIFA untuk membela timnas Indonesia. Kabar ini disampaikan oleh Ketum PSSI, Erick Thohir.

Kiper FC Dallas ini berpotensi akan debut bersama skuad Garuda di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September 2024.

Resmi menjadi WNI dan bermain untuk timnas Indonesia, apakah orang tua Maarten Paes tidak punya darah keturunan?

Baca Juga: 2 Kabar Buruk usai Timnas Indonesia Resmi Bisa Diperkuat Maarten Paes

Silsilah keturunan Maarten Paes

Ayah Maarten Paes bernama Vincent Paes. Ia adalah seorang pebisnis di bidang energi.

Menariknya orangtua Maarten Paes tersebut juga pernah menjadi pemilik klub Liga Belanda, NEC Nijmegen pada tahun 2006-2008.

Adapun orangtua kiper berusia 26 tahun ini tidak punya darah Indonesia. Namun kenapa Maarten Paes justru bisa memperkuat skuad Garuda.

Jawabannya adalah karena neneknya seorang blijvers. Sebagai informasi, blijvers merupakan sebutan bagi orang keturunan Eropa yang lahir dan menetap di Indonesia yang kala itu masih dikenal Hindia Belanda.

Baca Juga: Netizen Kasih Julukan Baru ke Marselino Ferdinan di Oxford United, Nyinyir Banget Sih Istilah yang Dipakai

Nenek Maarten Paes disebutkan lahir di Kediri pada 1940 silam. Penjaga gawang FC Dallas ini juga pernah menceritakan kisahnya.

Maarten Paes dan neneknya yang jadi motivasi dirinya membela timnas Indonesia. (Instagram/@maartenpaes)Maarten Paes dan neneknya yang jadi motivasi dirinya membela timnas Indonesia. (Instagram/@maartenpaes)

"(Nenek saya) lahir di sana (Indoonesia), tinggal di sana selama lima, enam tahun. Lalu, ada Perang Dunia II pecah dan kemudian selama beberapa tahun dia berada di kamp-kamp Spanyol-Jepang," kata Maarten Paes diutip dari YouTube FC Dallas.

"Setelah beberapa tahun, dia kembali ke Belanda dengan menaiki sebuah kapal dan kemudian dia kembali. Ya, itu adalah bagian dari sejarah. Tapi, ya dia selalu bicara dengan rasa syukur tentang waktunya di Indonesia, terutama sebelum perang," sambungnya.

Karena kedekatan dengan neneknya yang lahir di Indonesia, Maarten Paes akhirnya memilih untuk naturalisasi dengan memperkuat skuad Garuda.

Editor: Arif Budi

Tag:  #siapa #orangtua #maarten #paes #yang #ternyata #tidak #memiliki #darah #indonesia

KOMENTAR