Head to Head Statistik Marselino Ferdinan vs Nathan Tjoe-A-On Jelang Bentrok di Liga Inggris, Siapa Lebih Jago?
Nathan Tjoe-A-On di antara para pemain timnas Indonesia (pssi.org)
17:06
20 Agustus 2024

Head to Head Statistik Marselino Ferdinan vs Nathan Tjoe-A-On Jelang Bentrok di Liga Inggris, Siapa Lebih Jago?

Menilik head to head antara Marselino Ferdinan dan Nathan Tjoe-A-On, dua pemain Indonesia yang berkompetisi di kasta kedua Inggris atau Championship 2024/2025.

Sebagaimana diketahui, bergabungnya Marselino Ferdinan ke Oxford United membuat Championship 2024/2025 akan memiliki dua penggawa Timnas Indonesia.

Sebelum Marselino, ada sosok Nathan Tjoe-A-On terlebih dahulu yang bergabung bareng Swansea City sejak Agustus 2023 lalu.

Sejak bergabung pada Agustus 2023 lalu, Nathan sendiri baru mencatatkan debutnya di Championship pada musim 2024/2025 ini kala Swansea City berhadapan dengan Preston North End.

Baca Juga: Kisah Marselino Ferdinan Tembus Daftar Talenta Pesepakbola Terbaik Dunia Sebelum Jadi Alat Marketing

Debut tersebut juga membuat pemain berusia 22 tahun itu menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di Championship.

Karena sama-sama berkompetisi di Championship, pertemuan Marselino Ferdinan dan Nathan pun tak akan terelakkan lagi saat Oxford United menghadapi Swansea City.

Marselino Ferdinan. [Dok. Oxford United]Marselino Ferdinan. [Dok. Oxford United]

Dijadwalkan, dua bintang muda Timnas Indonesia itu akan bersua saat Oxford United menjamu Swansea City di pekan ke-13 Championship 2024/2025, Sabtu (2/11) WIB.

Jelang pertemuan keduanya, menarik untuk membahas Head to Head antara Marselino dengan Nathan. Kira-kira, siapa yang lebih unggul?

Marselino Ferdinan atau Nathan yang Lebih Jago?

Baca Juga: Marselino Ferdinan Banjir Pujian, Bantah Stigma 'Titipan' di Oxford United?

Sepanjang karier keduanya, baik Marselino Ferdinan dan Nathan Tjoe-A-On tak pernah berhadapan sebagai lawan. Keduanya justru kerap bermain bersama di Timnas Indonesia.

Tercatat, kedua pemain ini telah bermain bersama sebanyak 11 kali di Timnas Indonesia baik di level senior maupun di kelompok umur.

Marselino Ferdinan (Transfermarket)Marselino Ferdinan (Transfermarket)

Dengan kata lain, duel Oxford United vs Swansea City pada pekan ke-13 Championship 2024/2025 mendatang akan jadi duel perdana Marselino dan Nathan, jika keduanya diturunkan oleh klubnya.

Karena akan bersua sebagai lawan, menarik untuk melihat catatan Marselino dan Nathan selama berkarier hingga berlabuh di Championship 2024/2025. Siapa yang punya catatan lebih unggul?

Marselino Ferdinan (Transfermarket)Marselino Ferdinan (Transfermarket)

Nathan Lebih Unggul dari Marselino

Baik Marselino Ferdinan dan Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain yang berposisi berbeda. Marselino lebih banyak beroperasi di lini serang, sedangkan Nathan beroperasi di lini belakang.

Karena berbeda posisi, Marselino jelas lebih unggul dari Nathan jika mengacu pada catatan gol dan assist sepanjang karier keduanya.

Statistik Nathan Tjoe-A-On (Ttansfermarket)Statistik Nathan Tjoe-A-On (Ttansfermarket)

Marselino unggul dengan torehan 8 gol dan 9 assist dari 41 laga di level klub, sedangkan Nathan hanya mencetak 5 gol dan 1 assist dari total 85 laga di level klub.

Meski kalah gol dan assist, Nathan yang lebih tua dua tahun dari Marselino setidaknya unggul dari segi pengalaman di level profesional.

Nathan sudah malang melintang di Eropa dengan bermain bagi Excelsior, Heerenveen, dan Swansea City dengan total 85 penampilan di segala ajang.

Statistik Nathan Tjoe-A-On (Ttansfermarket)Statistik Nathan Tjoe-A-On (Ttansfermarket)

Sedangkan Marselino baru bermain di level profesional sebanyak 46 kali di berbagai ajang bersama Persebaya Surabaya dan KMSK Deinze.

Bergeser ke catatannya di level tim nasional, Marselino boleh membusungkan dada karena dirinya sudah tampil di kancah internasional sebanyak 23 kali dibandingkan Nathan yang baru 4 kali.

Tapi jumlah penampilan Marselino itu tak serta merta membuatnya unggul.

Pasalnya, Nathan justru punya kontribusi lebih banyak ketimbang rekan setimnya di Timnas Indonesia itu.

Meski lebih banyak bermain sebagai bek, Nathan berhasil mencetak 3 assist di Timnas Indonesia hanya dari 4 penampilan saja, atau rata-rata 1 assist per 120 menit.

Bandingkan dengan Marselino yang telah tampil sebanyak 23 kali dan baru berkontribusi dengan 3 gol dan 1 assist atau rata-rata 1 gol/assist (G/A) per 517 menit bermain.

Terlepas dari Head to Head keduanya, pertemuan Marselino dan Nathan di pekan ke-13 Championship 2024/2025 akan menjadi momen bersejarah bagi sepak bola Indonesia.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #head #head #statistik #marselino #ferdinan #nathan #tjoe #jelang #bentrok #liga #inggris #siapa #lebih #jago

KOMENTAR