5 Rahasia Merawat Hubungan Rumah Tangga Menurut Ajaran Islam, Coba Terapkan dengan Pasangan
Ilustrasi pasangan yang menikah. Sumber: freepik.com
15:15
3 Pebruari 2024

5 Rahasia Merawat Hubungan Rumah Tangga Menurut Ajaran Islam, Coba Terapkan dengan Pasangan



Dalam ajaran Islam, penting untuk selalu mengingat bahwa setiap langkah yang diambil dalam memelihara hubungan rumah tangga merupakan bagian dari ibadah

Ya, rumah tangga tidak hanya sekedar menyatukan dua insan yang berbeda, namun tujuan dari rumah tangga merupakan bentuk ketaatan beribadah kepada Allah SWT.

Untuk memastikan ibadah seumur hidup dengan harmonis dan simbang bersama pasangan, tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Mengingat rumah tangga merupakan bagian dari ibadah, maka sejumlah prinsip dan ajaran Islam dapat diaplikasikan dalam hubungan rumah tangga.

Dirangkum dari beberapa sumber hadis dan kacamata islam, berikut 5 rahasia merawat hubungan rumah tangga.



1. Komunikasi dan Saling Memahami

Komunikasi yang baik merupakan kunci utama dalam memelihara keharmonisan rumah tangga.

Dalam Islam, Rasulullah SAW memberikan teladan dengan berkomunikasi secara lembut dan penuh kasih sayang.

Hadis-hadis yang menekankan pentingnya berbicara dengan sopan dan bijaksana dapat dijadikan pedoman dalam berkomunikasi dengan pasangan.

Rasulullah SAW bersabda:

"Maukah aku beritahu kamu tentang tindakan yang lebih baik di mata Allah dan lebih tinggi derajatnya daripada puasa, salat, dan sedekah?" Para sahabat berkata, "Tentu, beritahu kami, wahai Rasulullah." Beliau bersabda, "Mendamaikan hubungan yang renggang antar sesama, karena sesungguhnya mencerai-beraikan persaudaraan itu lebih buruk daripada memerdekakan seratus budak." (HR. Bukhari)

2. Keterlibatan dan Peran Suami dan Istri sebagai Pelindung

Dalam hadis, Rasulullah SAW mengajarkan pentingnya keterlibatan suami dan istri dalam kehidupan sehari-hari.

Gotong royong dalam menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga dapat memperkuat ikatan emosional antara pasangan. Ini menciptakan suasana harmonis dan saling mendukung.

Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap dari kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas kepemimpinannya. Seorang pria adalah pemimpin keluarganya dan bertanggung jawab atas keluarganya." (HR. Bukhari)

Dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda:

"Seorang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang terbaik akhlaknya, dan yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik bagi istrinya." (HR. Tirmidzi)



3. Sabar dan Pengertian

Sabar dan pengertian adalah nilai-nilai penting dalam Islam. Menurut hadis, Rasulullah SAW memberikan contoh kesabaran dalam menghadapi perbedaan pendapat dan situasi sulit.

Pasangan yang mampu bersabar dan saling memahami akan lebih mampu menjaga harmoni dalam rumah tangga.

Rasulullah SAW bersabda:

"Tidaklah seorang muslim mendapatkan kelelahan, kesakitan, duka, kesusahan, bahkan duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahan dan dosa-dosanya dengannya." (HR. Bukhari)

4. Berdoa Bersama

Berdoa bersama sebagai pasangan adalah cara yang dianjurkan dalam Islam untuk memperkuat hubungan. Hadis-hadis menunjukkan bahwa berdoa bersama dapat membawa keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Melibatkan Tuhan dalam hubungan rumah tangga dapat memberikan ketenangan dan keharmonisan.

Rasulullah SAW bersabda:

"Semoga Allah memberkahi untukmu dan semoga Allah memberkatimu dan menjadikan kalian dua orang yang baik." (HR. Tirmidzi)



5. Edukasi dan Peningkatan Diri dan Kesetiaan

Islam mendorong umatnya untuk terus belajar dan meningkatkan diri. Salah satu caranya yakni dengan mengikuti pendidikan agama bersama, membaca literatur Islam, dan berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan dapat memperdalam hubungan dan kebersamaan.

Selain itu, untuk merawat kesetiaan dan keharmonisan, pasangan harus saling mendukung dalam pengembangan pribadi dan spiritual.

Rasulullah SAW bersabda:

"Sebaik-baik kekayaan adalah hati yang bersih, dan sebaik-baik pakaian adalah kesetiaan." (HR. Ahmad)

Rasulullah SAW bersabda:

"Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya, dan yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik terhadap istri-istrinya." (HR. Tirmidzi)

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #rahasia #merawat #hubungan #rumah #tangga #menurut #ajaran #islam #coba #terapkan #dengan #pasangan

KOMENTAR