13 Lokasi Paling di Jepang yang Menyimpan Sejarah Kelam dan Tragedi Mengerikan
13 lokasi berhantu di Jepang./Gatamagazine
12:06
25 September 2024

13 Lokasi Paling di Jepang yang Menyimpan Sejarah Kelam dan Tragedi Mengerikan

JawaPos.Com- Jepang, sebagai salah satu negara tertua di dunia, memiliki ikatan spiritual yang mendalam serta kaya akan legenda dan cerita rakyat. Hal ini menjadi inspirasi bagi film horor internasional terkenal seperti "Ringu" dan "Ju-on".

Meskipun kepercayaan terhadap agama di Jepang tidak begitu dominan, kewaspadaan terhadap hal-hal spiritual tetap ada. Ini terlihat dari berbagai tindakan pencegahan yang dilakukan, seperti pembersihan kuil dan penolakan untuk tinggal di rumah yang pernah menjadi lokasi kematian.

Bagi kaum muda di Jepang, terlepas dari keyakinan yang mereka anut, sering melakukan uji keberanian dengan mengunjungi tempat-tempat angker.

Melalui laman Gatamagazine pada Rabu, (25/9), artikel ini mengumpulkan 13 lokasi paling berhantu di Jepang, yang menjadi saksi bisu dari berbagai tragedi mengerikan.

1. TAMBANG BATUBARA YUUBETSU

Tambang batubara Yuubetsu dan jalur keretanya dibuka pada tahun 1923, dan pada tahun 1967 menjadi salah satu kota penghasil batubara terbesar di negara ini, mendorong industri Jepang ke depan.

Kota ini pernah dihuni sekitar 15.000 orang dan dilengkapi dengan segala kebutuhan warga seperti rumah sakit, sekolah, dan bahkan teater.

Namun, berbagai bencana menimpa para penambang dan penduduk kota, mulai dari ledakan gas, longsor, runtuhnya tambang, dan akhirnya wabah penyakit usus parasit disentri.

Selama masa kejayaannya, tambang-tambang ini menelan sekitar 187 korban jiwa dalam 47 tahun beroperasi. Pada akhirnya, desa ini ditutup pada tahun 1970 dan semua penghuninya pergi.

Desa yang dulunya makmur kini menjadi kota hantu. Konon, tempat paling berhantu di tambang batubara Yuubetsu adalah rumah sakitnya, yang dikatakan memiliki energi spiritual terkuat dan paling menyiksa, dengan suara teriakan wanita atau langkah kaki yang dapat terdengar di mana-mana.

2. SEKOLAH BERBENTUK LINGKARAN: SEKOLAH DASAR NUMAHIGASHI

Sekolah berbentuk lingkaran ini dibangun pada tahun 1906 sebagai sekolah untuk anak-anak tambang batubara Mitsubishi Bibai.

Pada tahun 1974, sekolah ini ditutup karena alasan yang tidak jelas. Rumor mengatakan bahwa seorang murid perempuan tiba-tiba menghilang saat istirahat, dan dia tidak pernah ditemukan lagi.

Konon, sekarang roh gadis itu masih ada di sekitar sekolah dengan tas punggungnya yang berwarna merah, dan banyak orang yang mengklaim mendengar tawa dari hutan di dekatnya.

Bahkan seorang cenayang yang datang untuk membebaskan roh gadis itu harus lari karena begitu banyaknya energi negatif yang terpancar dari sana.

3. GUNUNG OSORE: GUNUNG KETAKUTAN

Osorezan dikenal sebagai salah satu situs suci terpenting di Jepang. Meskipun letusan terakhirnya terjadi 10.000 tahun lalu, udara di sekitar Osorezan masih berbau belerang dan uap yang keluar dari puncaknya menunjukkan bahwa gunung ini masih aktif.

Danau Usori di sana dipenuhi air sangat asam yang beracun, hanya ada satu spesies ikan yang bisa bertahan hidup di sana.

Selain itu, gunung ini juga dihuni ular berbisa jenis mamushi. Di Osorezan, semua roh orang yang meninggal harus menyeberangi "Sungai Styx" untuk mencapai alam baka.

4. HUTAN MEMORIAL: MORI NO SHIZUKU

Hutan Memorial adalah salah satu lokasi paling tragis di daftar ini. Pada tahun 1971, sebuah pesawat terbang All Nippon Airways yang sedang dalam perjalanan dari Sapporo ke Tokyo tiba-tiba bertabrakan dengan pesawat latihan Angkatan Pertahanan Diri, mengakibatkan pesawat penumpang terbakar habis dan 162 orang di dalamnya tewas.

Untuk menghormati arwah yang hilang, prefektur mendirikan memorial di tempat itu, yang sering dianggap sebagai salah satu tempat paling berhantu dan berbahaya secara spiritual di Jepang.

5. JEMBATAN YAGIYAMA

Jembatan Yagiyama sayangnya telah menjadi lokasi yang menarik banyak orang untuk bunuh diri, meskipun pemerintah prefektur telah melakukan upaya signifikan untuk mencegahnya.

Konon, tidak hanya energi dari jembatan itu sendiri yang muncul pada malam hari, tetapi ada energi gelap lain yang membuat pejalan kaki dan pengendara mengalami kecelakaan atau pingsan.

6. SUNSHINE 60

Sunshine 60 di Ikebukuro dulunya adalah penjara Sugamo yang digunakan untuk menahan tahanan politik dari tahun 1920-an hingga 1945, dan kemudian digunakan oleh Amerika Serikat untuk menahan tersangka kejahatan perang kelas A setelah Perang Dunia II, termasuk mantan Perdana Menteri Hideki Tojo.

Konon, nama "Sunshine 60" dipilih untuk mengalihkan perhatian dari reputasi suram tempat itu sebagai lokasi eksekusi.

7. OIRAN BUCHI

Di tempat yang indah ini, pada abad ke-16 Periode Sengoku, 55 wanita dipaksa jatuh ke dalam jurang di bawah. Konon, tanah ini telah diresapi oleh roh-roh mereka yang meninggal secara tiba-tiba dan tragis.

Dikatakan bahwa penampakan hantu wanita-wanita itu terutama terjadi pada malam hari, dan pria dilarang mendekati tempat ini.

8. HUTAN AOKIGAHARA

Hutan Aokigahara, atau yang disebut "Laut Pepohonan", adalah tempat bunuh diri paling terkenal di Jepang dan kedua di dunia setelah Golden Gate Bridge di California.

Secara historis, pada masa kelaparan di era feodal, orang-orang membawa anggota keluarga mereka ke hutan ini yang tidak lagi mampu mereka beri makan - biasanya wanita tua, dan membiarkan mereka mati kelaparan. Sejak saat itu, konon arwah mereka yang tidak bisa pergi ke alam baka berkeliaran di hutan ini, menarik siapa pun yang merasa senasib dengan mereka.

9. RUMAH SAKIT TUBERKULOSIS KAIZUKA

Rumah sakit tuberkulosis Kaizuka dibuka pada tahun 1948 di puncak epidemi tuberkulosis di Jepang.

Pada tahun 1992, rumah sakit ini tutup dan segala sesuatunya ditinggalkan begitu saja. Pengunjung ke bangunan yang terbengkalai ini mengklaim bahwa semua peralatan bedah di kamar operasi masih ada, serta catatan pasien lainnya.

Konon, mereka yang ingin menguji keberanian mereka akan langsung diberitahu untuk pergi dan pulang oleh suara seorang pria yang menyuruh mereka keluar.

10. SUMUR OKIKU

Di gerbang depan Kastil Himeji terdapat sumur yang menjadi inspirasi untuk cerita horor terkenal "Ringu".

Legenda bercerita tentang seorang pelayan bernama Okiku yang disiksa dan dilempar ke dalam sumur oleh tuannya, Aoyama Tessan, karena menolak menjadi kekasihnya. Konon, jeritan Okiku masih bisa terdengar setiap malam di Kastil Himeji.

11. DESA DAN TEROWONGAN INUNAKI

Ada legenda tentang sepasang suami istri yang melewati terowongan Inunaki pada tahun 1970-an, tapi mobil mereka tiba-tiba berhenti.

Saat mereka keluar, mereka menemukan sebuah desa terbengkalai dan seorang pria menyambut mereka dengan ramah, lalu tiba-tiba menggores leher mereka dengan sabit.

Terowongan Inunaki sendiri juga menjadi saksi bisu beberapa pembunuhan, dan dianggap sebagai salah satu tempat paling berhantu di Jepang.

12. TIKUNGAN SSS

Okinawa dikenal sebagai salah satu pusat aktivitas spiritual terbesar di Jepang, dan tikungan SSS dianggap sebagai salah satu tempat paling berhantu di prefektur ini.

Daerah ini dikatakan dihuni oleh energi negatif yang kuat sehingga pengunjung bisa mengalami halusinasi, mual, dan pusing. Bahkan para cenayang terlatih pun disebut pernah menemui ajal di sana.

13. RERUNTUHAN HOTEL NAKAGUSUKU

Hotel Nakagusuku dibangun dengan tujuan menjadi tempat menginap tamu yang berkunjung ke Pameran Laut Okinawa 1975. Namun, sebelum pembangunan dimulai, para pendeta dari kuil Buddha terdekat memperingatkan bahwa lokasi itu dihuni oleh banyak situs suci dan kuburan.

Konon, setelah beberapa insiden konstruksi, pekerja menolak melanjutkan pembangunan karena mereka mengatakan tempat itu terkutuk. Bahkan, pengembang hotel yang berniat menginap semalam untuk membuktikan tempat itu tidak berhantu, esok harinya ditemukan dalam kondisi gila dan hilang setelahnya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #lokasi #paling #jepang #yang #menyimpan #sejarah #kelam #tragedi #mengerikan

KOMENTAR