Selamat! Bahlil Lahadalia Akan Ditetapkan Sebagai Ketum Golkar yang Baru
Plt Ketua Umum DPP Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah). (Suara.com/Bagaskara)
11:40
20 Agustus 2024

Selamat! Bahlil Lahadalia Akan Ditetapkan Sebagai Ketum Golkar yang Baru

Plt Ketua Umum DPP Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) menegaskan bahwa Musyawarah Nasional (Munas) ke-XI partai akan memiliki agenda penetapan, Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Umum Golkar yang baru.

Hal itu dilakukan usai Golkar membuka pendaftaran dan penjaringan, hanya muncul calon ketua umum tunggal yakni Bahlil Lahadalia.

"Kalau ketua umum kita semua sudah tahu bahwa hanya satu nama yang lolos atau memenuhi syarat dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh internal Partai Golkar SC sebagai caketum hanya satu yaitu bapak Bahlil Lahadalia," kata AGK dalam konferensi persnya usai gelar Rapimnas di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2024).

"Kita akan memutuskan Pak Bahlil sebagai ketua umum ke depan," sambungnya.

Baca Juga: Agus Gumiwang Ngaku Siap Lantik Bahlil Lahadalia jadi Ketum Golkar, Asalkan...

Menurutnya, Bahlil sendiri sebagai caketum akan hadir dalam pembukaan Munas pada pukul 16.00 WIB.

"Insya Allah Pak Bahlil akan hadir pembukaan Munas nanti. Dan pembukaan Munas akan kita laksanakan insya Allah jam 4," katanya.

Sementara itu, Ketua SC Munas Golkar, Adies Kadir menjelaskan Bahlil nantinya akan menyampaikan visi misinya sebagai caketum. Penyampaian itu akan dilakukan esok.

"Jadi visi misi itu besok jam 10.00, agendanya jam 10.00 sampai jam 12.00 itu penyampaian visi misi sekaligus kita partai Golkar sudah mempunyai, menetapkan sebagai ketua umum baru," pungkasnya.

Sebelumnya, Ridwan Hisjam gagal maju dalam kontestasi memperebutkan kursi Ketua Umum Partai Golkar usai dinyatakan tidak lolos verifikasi berkas pendaftaran.

Baca Juga: Reshuffle Bikin PDIP Panas, Reaksi Bahlil soal Surat Senior Minta Jokowi jadi Ketum Golkar

Ketua Steering Committe Rapimnas dan Munas Partai Golkar Adies Kadir mengatakan, Bahlil bakal menjadi calon tunggal dalam munas partai beringin tersebut.

"Berkas pendaftaran bakal calon atas nama Ridwan Hisjam dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sebagai calon ketua umum partai Golkar pada Munas XI partai Golkar tahun 2024," kata Adies di DPP Partai Golkar, Senin (19/8/2024) malam.

Sementara berkas kelengkapan Bahlil, lanjut Adies, telah dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan.

"Berkas pendaftaran bakal calon atas nama Bahlil Lahadalia dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan sebagai calon ketua umum pada Munas ke XI Partai Golkar tahun 2024," jelasnya.

Bahlil Lahadalia menyampaikan keterangan di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (19/8/2024). [Suara.com/Faqih]Bahlil Lahadalia menyampaikan keterangan di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (19/8/2024). [Suara.com/Faqih]

Adies mengatakan, gagalnya Ridwan Hisjam melaju dalam pemilihan kata Adies, lantaran ada 2 persyaratan dari 7 persyaratan yang tidak dipenuhi. Namun, hal itu tidak disampaikan secara gamblang.

"Dari 7 persyaratan ada 2 persyaratan yang tidak terpenuhi. Yang paling ini adalah surat dukungan," katanya.

Hingga tenggat waktu yang ditentukan, kata Adies, pihaknya hanya menerima 2 nama yang mencalonkan menjadi bakal calon ketua partai berlambang pohon beringin.

"Dalam tenggang waktu pendaftaran tsb komite pemilihan menerima dua bakal calon ketum yg mendaftar atas nama Ridwan Hisjam, dan Bahlil Lahadalia," katanya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #selamat #bahlil #lahadalia #akan #ditetapkan #sebagai #ketum #golkar #yang #baru

KOMENTAR