Apresiasi Komitmen Para Pemangku Kepentingan, BNPT Menggelar RAN PE AWARDS 2024
Wapres Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin dalam RAN PE AWARDS 2024, di Hotel Westin, Jakarta, Senin (19/8/2024).  (Suara.com/Tantri A)
15:28
19 Agustus 2024

Apresiasi Komitmen Para Pemangku Kepentingan, BNPT Menggelar RAN PE AWARDS 2024

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kembali menyelenggarakan acara Penganugerahan Penghargaan Pelopor Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme di Indonesia - RAN PE AWARDS 2024, di Hotel Westin, Jakarta, Senin (19/8/2024). 

RAN PE Awards 2024 dihadiri 500 undangan, yang terdiri dari perwakilan kementerian/lembaga, perwakilan pemerintah daerah, dan organisasi masyarakat sipil, dan perwakilan Kedutaan Besar dan Mitra Pembangunan.

Kepala BNPT, Komjen Pol Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel, M.Si. mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi atas komitmen seluruh pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, serta bertujuan untuk mendorong penguatan kolaborasi.

“Penghargaan ini ditujukan kepada kementerian/lembaga pemerintah dan aktor non pemerintah, yang memiliki inisiatif, komitmen, inovasi dan kreatifitas dalam mengembangkan serta melaksanakan program/kegiatan yang mendukung pelaksanaan RAN PE. Apresiasi juga disampaikan atas kemitraan dan dukungan negara-negara sahabat, mitra pembangunan, dan organisasi internasional dalam rangka mempercepat dan memperkuat implementasi RAN PE baik di pusat maupun daerah,” lanjutnya.

Baca Juga: KKJ Indonesia Desak Polisi Usut Perusakan Mobil Jurnalis Bocor Alus Tempo Oleh Orang Tak Dikenal

Wapres Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin, yang menghadiri acara ini juga mengatakan bahwa berbagai keberhasilan upaya pencegahan dan penanggulangan tindak pidana terorisme dalam beberapa tahun terakhir, seperti “zero terrorist attack”, salah satunya merupakan hasil kontribusi dari pelaksanaan aksi-aksi RAN PE.

Ia juga menekankan pentingnya keberlanjutan Perpres RAN PE untuk mendukung upaya-upaya pencegahan yang perlu untuk terus dilakukan.

“RAN PE ini dapat dikatakan masih berada dalam periode pertamanya. Meskipun demikian, hasil yang dicapai sangat positif dan memberikan harapan besar bagi pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan di Indonesia,” tuturnya.

Acara ini juga menghadirkan talkshow bertema “Kontribusi RAN PE dalam Mencapai Pembangunan Nasional”, yang membahas langkah-langkah strategis dalam mendorong Rancangan Peraturan Presiden tentang RAN PE fase selanjutnya, 2025-2029.

Adapun RAN PE AWARDS 2024 ini dibagi menjadi 6 kategori penerima penghargaan, yaitu:

Baca Juga: Horor di Balik Senyuman: Pemerintah Gagal Beri Perlindungan Anak di Daycare

1. Kategori Inisiator dan Berkomitmen dalam Pelaksanaan RAN PE,
2. Kategori Program Inovatif dan Berkelanjutan,
3. Kategori Inspiratif dan Berdampak Nyata,
4. Kategori Komitmen Gender Perspektif dalam RAN PE,
5. Kategori Inisiator Kolaborasi Multipihak,
6. Penghargaan kepada Mitra Pembangunan Pemerintah yang telah berkontribusi aktif dan memberikan dukungan dalam pelaksanaan RAN PE.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #apresiasi #komitmen #para #pemangku #kepentingan #bnpt #menggelar #awards #2024

KOMENTAR