Anies Beberkan Peta Jalan Majukan Perfilman Indonesia
Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan saat dialog bersama pelaku perfilman di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/1/2024).(KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)
13:54
20 Januari 2024

Anies Beberkan Peta Jalan Majukan Perfilman Indonesia

- Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan membeberkan peta jalan atau roadmap memajukan perfilman Indonesia jika nanti menang dalam Pilpres 2024.

Dia mengatakan, ada lima babak yang akan dilakukan untuk memajukan perfilman Indonesia yang kini belum berkembang pesat.

"Satu ada perkembangan talenta, kedua dukung penuh produksi film, yang ketiga perlindungan bagi pelaku perfilman, yang keempat adalah memperbanyak adalah memperbanyak eksebisi film, yang kelima adalah memperkuat data, hukum dan regulasi," kata Anies saat dialog di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/1/2024).

"Jadi lima ini yang kami bayangkan hendak kami kerjakan di Indonesia," sambung dia.

Langkah pertama terkait pengembangan talenta, Anies menginginkan adanya alokasi anggaran yang cukup dan program fellowship untuk peningkatan keterampilan para pelaku perfilman.

Ada juga program pengembangan script lab untuk penulis naskah film.

Kedua, memberikan dukungan penuh pada produksi film dengan cara memberikan insentif pajak.


"Lalu (memberikan) peran sentral BPI (Badan Perfilman Indonesia) sebagai mitra penting Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, kemudian film inklusif yang ramah disabilitas," imbuh Anies.

Kemudian terkait perlindungan bagi pelaku film. Anies mengatakan, adalah untuk menjaga pelaku perfilman dari risiko keselamatan dan kesehatan kerja serta kekerasan seksual.

"Lalu di sini ada ruang apresiasi dan penghargaan yang adil bagi pelaku perfilman, lalu mendukung dibentuknya serikat pekerja perfilman untuk memastikan mereka memiliki ruang ekspresi," ucap Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, dukungan berikutnya yang harus dilakukan adalah meningkatkan jumlah bioskop di Indonesia dan mengembangkan pusat sinema yang tersebar di beberapa daerah.

Dukungan lainnya, negara akan memfasilitasi festival film khususnya berstandar internasional bagi para pelaku film.

"Lalu yang kelima perkuatan data, hukum dan regulasi di antaranya perbaikan dan integrasi lintas instansi," tandasnya.

Editor: Singgih Wiryono

Tag:  #anies #beberkan #peta #jalan #majukan #perfilman #indonesia

KOMENTAR