Bareng Pemda Gorontalo Utara, Kementan Wujudkan Swasembada Pangan Lewat Perluasan Area Tanam
Jajaran Kementerian Pertanian bersama Pemda Gorontalo Utara saat menggelar Perluasan Areal Tanam (PAT) untuk mewujudkan swasembada pangan.  
22:57
16 Agustus 2024

Bareng Pemda Gorontalo Utara, Kementan Wujudkan Swasembada Pangan Lewat Perluasan Area Tanam

 Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan perluasan Areal Tanam (PAT) Padi dengan mengoptimalkan pompanisasi dan penanaman padi gogo.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam beberapa kesempatan mengatakan, untuk mewujudkan swasembada pangan dengan solusi cepat adalah Perluasan Areal Tanam (PAT). 

Amran meyakini apabila program tersebut dijalankan dengan baik, maka Indonesia dapat mewujudkan swasembada dan juga lumbung pangan dunia.

"Ingat, saat ini ada banyak negara yang mengalami penurunan produksi dan ada banyak penduduk dunia yang menderita kelaparan. Karena itu harus kita mitigasi dengan solusi cepat," kata dia dalam keterangannya, Jumat (16/8/2024). 

Dorong implementasi program perluasan Areal Tanam (PAT) dalam berbagai kesempatan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Idha Widi Arsanti menegaskan bahwa PAT ini untuk memenuhi kebutuhan pangan yang ke depannya akan semakin meningkat. 

“PAT ini bisa di fokuskan karena kebutuhan kedepan akan sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan pangan yang tersedia," ujar Santi.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Inneke Kusumaty menyampaikan bahwa kehadiran mahasiswa Polbangtan/PEPI yang turun dilapangan PAT diharapkan dapat mengungkit suksesnya PAT dan membantu menyelesaikan masalah pertanian.

"Secara teknis mahasiswa Polbangtan/PEPI memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam pendidikan selama ini" ujar Inneke.

"Pertanaman kali ini menggunakan varietas padi "Temo" yang merupakan varietas lokal Gorontalo Utara," ujar Asrin yang merupakan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Gorontalo Utara.

Kegiatan pertanaman padi gogo varietas lokal kali ini dilakukan oleh Plt. Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura  dan Perkebunan Kabupaten Gorontalo Utara, Kepala Tata Usaha RS. ZUS, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Perwakilan Kecamatan, Kepala Desa Bulalo, dan Perwakilan Koramil Kwandang, Babinsa setempat, Mahasiswa Polbangtan/PEPI, penyuluh, petani dan kelompok tani setempat.

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #bareng #pemda #gorontalo #utara #kementan #wujudkan #swasembada #pangan #lewat #perluasan #area #tanam

KOMENTAR