Teks Doa Upacara 17 Agustus 2024 yang Bisa Dibacakan Saat Upacara Bendera
Doa Upacara 17 Agustus (pinterest)
16:24
16 Agustus 2024

Teks Doa Upacara 17 Agustus 2024 yang Bisa Dibacakan Saat Upacara Bendera

Doa merupakan bagian penting dalam upacara bendera 17 Agustus. Di hari Kemerdekaan, doa dibaca sebagai ungkapan syukur atas nikmat kemerdekaan dan harapan agar bangsa Indonesia semakin maju dan sejahtera.

Tujuan doa upacara 17 Agustus adalah untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas segala nikmat, khususnya nikmat kemerdekaan serta emohon perlindungan Tuhan agar bangsa Indonesia senantiasa dalam keadaan aman, damai, dan sejahtera.

Selain itu juga bisa untuk memohon kekuatan kepada Tuhan agar bangsa Indonesia mampu menghadapi segala tantangan dan mewujudkan cita-cita bangsa dan mendoakan para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Berikut ini adalah sejumlah teks doa untuk dibacakan saat upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2024 :

Baca Juga: Promo 17 Agustus dari BRI: Kuliner, Ngopi dan Belanja di Alfamart Diskon Gede-gedean!

Teks 1

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang, hari ini kami berkumpul untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa ini. Kami memohon kepada-Mu, ya Allah, terimalah mereka di sisi-Mu dengan penuh kasih sayang dan rahmat. Berikanlah tempat yang mulia bagi mereka di surga-Mu.

Ya Allah, berikanlah kekuatan kepada kami untuk melanjutkan perjuangan mereka. Tanamkan semangat dan keberanian dalam hati kami, agar kami mampu menjaga dan mempertahankan kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan biarkan kami lalai dalam mengemban amanah yang telah diwariskan oleh para pahlawan kami.

Ya Allah, bimbinglah kami agar senantiasa mengenang jasa para pahlawan dengan penuh hormat dan rasa syukur. Jadikanlah kami sebagai generasi yang tak hanya mengenang, tetapi juga melanjutkan perjuangan mereka dengan karya nyata yang membanggakan. Aamiin.

Teks 2

Baca Juga: Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan: Kronologi Lengkap Berdirinya Republik Indonesia

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillaahi Rabbil'aalamiin. Wassholaatu wassalaamu'ala asyrofil ambiyaa'i walmursaliin wa'ala aalihi sahbihi ajma'iin..

"Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,

Dengan penuh kerendahan hati, kami seluruh bangsa Indonesia mempersembahkan puji syukur kehadirat-Mu. Engkaulah Sang Pencipta alam semesta ini, Engkaulah Dzat yang mengatur alam seisinya, dan Engkau pulalah yang menentukan segala-galanya.

Oleh karena itu, hanya kepada-Mu kami berserah diri dan memohon pertolongan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Rahim,

Atas segala rahmat dan karunia-Mu, hari ini kami seluruh bangsa Indonesia, kembali melakukan upacara 17 Agustus untuk memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79.

Tambahkanlah curahan kasih sayang-Mu sebagai berkah bagi kami untuk mengisi kemerdekaan menuju negeri yang adil dan makmur di bawah Ridho-Mu.

Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu,

Jadikanlah peringatan upacara Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami. Jauhkanlah bangsa kami dari buruk sangka, percekcokan, perselisihan, dan perpecahan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,

Masih panjang perjuangan bangsa kami dan masih jauh pula perjalanan sejarah bangsa kami, oleh karena itu hindarkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah dan marabahaya.

Mantapkanlah tekad kami untuk membangun negara dan bangsa, agar menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, adil, makmur, dan sejahtera.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun

Ampunilah dosa-dosa kami, dosa ibu bapak kami, para pemimpin dan para pejuang kami. Terimalah amal dan perjuangan mereka, karena Engkau Dzat Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang,

Kabulkanlah permohonan dan doa kami, agar kami semua tergolong hamba-hambaMu yang beruntung.

Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, waqina 'adzabannar. Rabbana taqabbal minna innaka anta sami'ul alim wa tub alaina innaka antat tawwaburrahim. Walhamdulillahirabbil 'alamin".

Teks 3

بسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ * حَمْدَ الشَّاكِرِينَ حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِي مَزِيْدَهُ* يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلالِ وَجْهِكَ الْكَرِيمِ وَعَظِيمِ سُلْطَانِكَ * اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلَّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ *

Ya Allah Tuhan Yang Maha Rahman

Keharibaan-Mu kami melangitkan syukur, doa dan harapan

Pagi ini kami semua hadir mengikuti HUT Kemerdekaan

Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke tujuh puluh sembilan

Semoga Engkau senantiasa karuniakan Rahmat dan keberkahan

Rakyat dan pemimpin dalam kesatuan batin dan saling mendoakan

Ya Allah Tuhan Yang Maha Mengilhami

Alangkah indah nan gemah ripah negeri yang kami diami

Di bulan Agustus ini kemerdekaannya ke-79 kami peringati

Atas Rahmat, berkah karunia-Mu, mampukan kami menyukuri

Pancarkan ma’unah-Mu agar kami lanjut membangun negeri

Mengafirmasi semua ilmu pengalaman dan potensi yang dimiliki

Ya Allah, Tuhan Yang semua doa dan harapan bertumpu

Muliakan para pahlawan dan tokoh bangsa kami kini dan terdahulu

Semoga dalam Rida-Mu, rakyat dan pemimpin kami bertemu

Berikhtiar sungguh, membangun bangsa, bahu membahu

Menyongsong Nusantara Baru Indonesia Maju

Ya Allah, Tuhan Pelimpah Anugerah

Hanya kepada-Mu kami bertawakkal, pasrah dan berserah

Dengan wajah tertunduk dan tangan tertengadah

Sertailah bangsa kami dalam melangkah dan menentukan ara

Semoga semua cita dan ikhtiar terjelma dan terukir indah

Di Tangan-Mu semua yang sulit terwujud menjadi mudah

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ *وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ*

Editor: Eviera Paramita Sandi

Tag:  #teks #upacara #agustus #2024 #yang #bisa #dibacakan #saat #upacara #bendera

KOMENTAR