DPR Desak Polisi Usut Tuntas Dugaan Perundungan di PPDS Undip
Dokter muda bernama Aulia Risma Lestari diduga sengaja mengakhiri hidupnya lantaran tak kuat menjadi korban perundungan atau bullying. 
15:37
16 Agustus 2024

DPR Desak Polisi Usut Tuntas Dugaan Perundungan di PPDS Undip

- Komisi III DPR RI mendesak agar pihak kepolisian segera mengusut kasus meninggalnya Aulia Risma Lestari (30), mahasiswi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Diponegoro (Undip).

Sebab, Aulia diduga bunuh diri karena mengalami bullying atau perundungan dari seniornya di Undip.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyebut, jika ditemukan adanya jejak tindak kekerasan, pelaku bisa dijerat Pasal 354 KUHP soal penganiayaan.

“Saya minta pihak kepolisian segera usut adanya dugaan bullying atau bahkan kekerasan yang telah dialami korban. Jangan kira karena dilakukan di institusi pendidikan, para seniot ini bisa berbuat seenaknya dan lepas dari tanggung jawab hukum. Karena yang seperti ini merupakan kejahatan," kata dia kepada wartawan Jumat (16/8/2024).

Sahroni juga menyoroti terkait budaya senioritas dan bullying yang masih maral di Indonesia. 

Menurutnya, tindakan tersebut merupakan aksi kejahatan yang tidak dapat ditolerir.

“Dan parahnya lagi, yang seperti ini masih terjadi di lingkungan pendidikan tinggi, bahkan di jurusan kedokteran. Ini benar-benar menjadi PR buat kita semua untuk bisa memutus rantai budaya buruk tersebut,” ujar politikus Partai NasDem itu.

Sebab itu, Sahroni meminta agar para pihak terkait terus mengedepankan pencegahan sekaligus tindakan penanganan yang tegas.

“Jadi pokoknya dua hal yang harus diutamakan, yaitu sosialisasi aturan hukum terkait pidana yang menanti, dan tindakan tegas dalam setiap kasus yang ‘terlanjur’ terjadi,” pungkasnya.

Dikutip dari Tribunjateng, Aulia ditemukan meninggal di kamar kosnya kawasan Lempongsari, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang. 

Menurut sumber yang tak mau menyebut namanya, Aulia diduga mengakhiri hidup dengan menyuntikkan obat bius ke tubuhnya sendiri.

Obat bius yang digunakan korban adalah jenis Roculax.

"Korban diduga melakukan bunuh diri dengan menyuntikkan Roculax di kamar kosnya,” ujar sumber tersebut kepada Tribun Jateng, Rabu.

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #desak #polisi #usut #tuntas #dugaan #perundungan #ppds #undip

KOMENTAR