BNPT Terjun Langsung Amankan Perayaan HUT Ke-79 RI di IKN, Ada Posko Operasi
Persiapan 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. 
06:02
10 Agustus 2024

BNPT Terjun Langsung Amankan Perayaan HUT Ke-79 RI di IKN, Ada Posko Operasi

- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memastikan kesiapan posko operasi pengamanan jelang perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Deputi 1 BNPT Mayjen TNI Roedy Widodo, mengatakan persiapan di antaranya melalui koordinasi pengamanan dan juga kesiapan posko dan personel di wilayah IKN.

Adapun, koordinasi kesiapan pengamanan dilakukan sejak 6 hingga 8 Agustus 2024.

"Kami melaksanakan pengecekan dan persiapan untuk menggelar operasi pelibatan pengamanan wilayah tersebut, mulai dari pengecekan posko, baik posko utama yang ada di IKN sendiri, kemudian beberapa posko taktis yang digelar oleh Intelijen Pencegahan maupun Deradikalisasi ataupun Subsatgas Pembinaan Masyarakat," kata Roedy kepada wartawan pada Kamis (8/8/2024).

Roedy juga menyampaikan, pihaknya telah melaporkan tugas-tugas dari operasi pengamanan yang telah dilaksanakan oleh BNPT kepada Pangdam VI/Mulawarman dan Kapolda Kalimantan Timur.

Beberapa tugas yang diberikan, di antaranya yaitu mengkoordinasikan upaya-upaya pencegahan potensi ancaman radikal terorisme yang mungkin terjadi, mengkoordinasikan tugas tugas tentang penanggulangan terorisme yang diberikan oleh koordinator pengamanan wilayah di Kalimantan Timur.

Lebih lanjut, ia mengatakan, koordinasi juga dilakukan dengan serangkaian otorita terkait IKN.

"Kemudian juga berkoordinasi ataupun bertukar informasi kepada Pangdam VI/Mulawarman dan juga kepada Kapolda Kalimantan Timur ini, kemudian kita juga berkoordinasi dengan para pejabat yang ada di otorita IKN terkait dengan hunian-hunian yang telah dilakukan asesmen" tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau gladi bersih upacara detik detik proklamasi di IKN, Kalimantan Timur, Rabu, 14 Agustus 2024.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/8/2024).

"Bahwa bapak Presiden akan melihat secara langsung gladi bersih peringatan detik-detik (proklamasi)," kata Yusuf.

Presiden Jokowi akan meninjau gladi bersih sebelum menghadiri acara pemberian tanda gelar kehormatan kepada sejumlah tokoh di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Usai gladi bersih di IKN, Presiden akan terbang langsung Jakarta.

"Setelah gladi bersih pulang ke Jakarta sore harinya, beliau akan memberikan tanda kehormatan RI," katanya.

Adapun gladi bersih yang akan ditinjau Presiden mulai dari tata upacara, hingga kesenian yang akan dipertunjukkan pada 17 Agustus nanti. Sementara untuk jalur transportasi, Presiden belum dijadwalkan melakukan peninjauan.

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #bnpt #terjun #langsung #amankan #perayaan #posko #operasi

KOMENTAR