Rangkaian Upacara HUT RI ke 79 Lengkap! Besok Kirab Bendera Pusaka hingga Penurunan Merah Putih
Ilustrasi rangkaian upacara HUT RI ke 79 (freepik)
19:56
9 Agustus 2024

Rangkaian Upacara HUT RI ke 79 Lengkap! Besok Kirab Bendera Pusaka hingga Penurunan Merah Putih

Kementerian Sekretariat Negara RI telah merilis tema resmi upacara HUT RI ke 79 yakni "Nusantara Baru Indonesia Maju" tanggal 24 Juni 2024 lalu. Rangkaian upacara HUT RI ke 79 ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dalam konferensi Pers Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Kamis, 1 Agustus 2024, Mensesneg Pratikno mengumumkan rangkaian upacara HUT RI ke 79.

Upacara 17 Agustus 2024 dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 nantinya akan dibuka dengan dzikir dan doa kebangsaan. Selain itu, juga akan ada kirab bendera pusaka.

Detil lebih lengkapnya mengenai rangkaian upacara HUT RI ke 79, simak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Susunan Upacara 17 Agustus Sesuai Kemdikbud, dari Inspektur Masuk Lapangan hingga Pembacaan Doa

Rangkaian Upacara HUT RI ke 79

Upacara bendera HUT RI ke 79 akan dimulai pada pukul 07.30 Wib. Lokasi pelaksanaan upacara HUT RI ke 79 akan berada di dua lokasi, yakni di Istana Negara Jakarta dan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini menjadi penanda fase transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara, sekaligus sebagai simbol keberlanjutan era baru pemerintahan Republik Indonesia.

Adapun rangkaian upacara HUT RI ke 79 adalah sebagai berikut:

1. Kirab Bendera Pusaka

Baca Juga: Masyarakat Kaltim Bisa Ikut Meriahkan HUT ke-79 RI di IKN, Tapi Kuota yang Disediakan Pemerintah Terbatas

Peringatan HUT RI ke 79 akan dimulai dengan kirab Bendera Pusaka dan teks Proklamasi. Kirab Bendera Pusaka dan teks proklamasi akan dilaksanakan dari Monas menuju IKN, pada 10 Agustus 2024.

Bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan dibawa oleh Paskibraka terpilih dari tahun 2023. Bendera akan dibawa menuju Bandara Halim Perdana Kusumah di Jakarta Timur menuju Balikpapan.

Setelah itu, kedua benda pusaka Indonesia itu akan disambut oleh tim yang sudah berada di IKN. Keduanya akan dibawa ke ruangan khusus di Istana Negara yang sudah dipersiapkan di IKN.

Live streaming kirab Bendera Pusaka dapat disaksikan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden mulai pukul 08.00 WIB.

2. Pengukuhan Paskibraka 2024

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka 2024 akan dikukuhkan di Ibu Kota Nusantara pada tanggal 12 Agustus 2024. Pasukan Paskibraka terdiri dari 76 putra putri terbaik terpilih melalui seleksi panjang, dari tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, dan nasional.

3. Penganugerahan Tanda Kehormatan dan Pidato Kenegaraan

Acara ini dilaksanakan di Istana Negara Jakarta. Pidato kenegaraan akan disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia di Gedung Nusantara, Gedung MPR, DPR, dan DPD.

3. Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Acara ini dilaksanakan secara serempak di dua tempat sekaligus yaitu Taman Kusuma Bangsa IKN dan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Acara di Taman Makam Pahlawan akan dipimpin oleh Wakil Presiden RI.

Sedangkan acara di Taman Kusuma Bangsa IKN dipimpin oleh Presiden RI. Acara ini dilaksanakan pada dini hari Pukul 00.00 Wib tanggal 17 Agustus.

4. Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia

Upacara kemerdekaan RI dilaksanakan di dua tempat yakni IKN dan Halaman Istana Merdeka. Pelaksanaannya mengikuti waktu indonesia barat (WIB).

Presiden Joko Widodo akan berperan sebagai inspektur upacara dengan tata upacara militer. Penurunan bendera Merah Putih juga dilaksanakan di dua tempat. Acara dimulai pukul 08.30 Wib.

5. Pameran Arsip Kepresidenan

Pemeran dilaksanakan di Galeri Emiria Soenassa, Taman Ismail Marzuki. Acara pameran arsip kepresidenan akan berisikan memorabilia sejarah panjang ibu kota negara Indonesia.

Pameran diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian PUPR, Otorita IKN, Pemprov DKI, dan Kearsipan Pemprov DIY. Demikian itu rangkaian upacara HUT RI ke 79.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #rangkaian #upacara #lengkap #besok #kirab #bendera #pusaka #hingga #penurunan #merah #putih

KOMENTAR