Siapa Babah Alun, Sosok yang Disebut Akan Dampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta?
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Jusuf Hamka atau Babah Alun (tengah) saat blusukan di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (1/8/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
11:08
3 Agustus 2024

Siapa Babah Alun, Sosok yang Disebut Akan Dampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta?

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil digadang-gadang akan maju di Pilkada Jakarta diusung partai Golkar. Sedangkan wakilnya disebut-sebut adalah Jusuf Hamka atau Babah Alun.

"Soal Pak Hamka, nanti kita lihat lah, kan masih dinamis," ujar Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2024) malam.

Meski belum diumumkan secara resmi, menjelaskan pihaknya masih mencari wakil yang tepat untuk mendampingi RK melawan Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta.

"Ini kan bersaing antara Pak RK dan Anies, nanti kita lihat lah," kata Lodewijk.  

Baca Juga: Anies Baswedan Buka Peluang Duet dengan Jusuf Hamka di Pilkada DKI

Namun kemungkinan Babah Alun menjadi Calon Wakil Gubernur Jakarta mendampingi RK disebut masih ada.

Untuk itu, dia menyebut persoalan nama bakal Calon Wakil Gubernur Jakarta akan dibahas bersama partai politik di dalam KIM dan juga Ridwan Kamil.

"Kami masih nunggu, belum ada nama yang diusulkan. RK saja masih jalan dari Bandung. Setelah dia sampai, baru kita ngomong," tandas Lodewijk.

Nama Jusuf Hamka atau Babah Alun memang banyak dibicarakan belakangan ini, bos jalan tol ini juga kerap muncul dan viral di media sosial.

Lalu seperti apakah profil Jusuf Hamka alias Babah Alun?

Baca Juga: PKB Berpeluang Gabung KIM Plus, Koalisi di Pilkada Jakarta Cuma jadi Satu Poros?

Jusuf Hamka adalah pendiri kedua Masjid Babah Alun yang merupakan seorang pengusaha yang sukses dalam bidang pembangunan jalan tol.

Jusuf Hamka adalah tokoh muslim Tionghoa yang lahir di Samarinda, pada 5 Desember 1957 dengan nama asli Joseph Alun. Ia kerap melakukan kegiatan amal, dimana salah satu programnya adalah Warung Nasi Kuning Pojok Halal yang melayani makanan untuk orang-orang yang membutuhkan.

Mengutip dari Antaranews, Jusuf Hamka bercerita bahwa ia pernah menjadi seorang jawara yang sering bertarung di wilayah Pasar Baru, Jakarta Pusat.

"Saya pernah jadi jawara, dulunya saya tukang ‘gelut’ di Pasar Baru," kata Jusuf mengenang masa lalunya.

Jawara yang dimaksudnya adalah pendekar atau jagoan yang sering terlibat dalam pertarungan. Ia pun diketahui menjadi mualaf dengan dituntun oleh Ulama Besar Indonesia, Profesor Buya Hamka.

Babah Alun sejak kecil tinggal di belakang Pasar Metro Atom, Pasar Baru, ini mengaku tak ada orang yang ada di wilayah tempat tinggalnya tersebut yang tidak mengenal dirinya karena ia juga sempat menjadi ketua RW di sana.

Kini Alun adalah seorang pengusaha sukses di bidang infrastruktur dan membangun sejumlah jalan tol di Jakarta, Depok, dan Bogor.

Sementara di bidang politik, ia tercatat sebagai kader Partai Golongan Karya dan pernah menjadi bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Ia juga menjabat staf khusus di Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Profil Singkat Jusuf Hamka:

  • Nama Tionghoa: Jauw A Loen
  • Nama Indonesia: Alun Joseph
  • Nama setelah mualaf: Mohammad Jusuf Hamka
  • Nama lain: Babah Alun
  • Tempat lahir: Jakarta Pusat
  • Tanggal lahir: 5 Desember 1957
  • Pekerjaan: Pengusaha, politikus, motivator
  • Instagram: @jusufhamka

Editor: Eviera Paramita Sandi

Tag:  #siapa #babah #alun #sosok #yang #disebut #akan #dampingi #ridwan #kamil #pilkada #jakarta

KOMENTAR