Ide Lomba 17 Agustus Bapak-bapak, Tak Melulu Tarik Tambang, Ada Lebih Menarik dan Tradisional
Peserta mengikuti perlombaan balap karung untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di kawasan Cinangka, Depok, Jawa Barat, Minggu (17/8/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto] - Ide Lomba 17 Agustus Bapak-bapak, Tak Melulu Tarik Tambang, Ada Lebih Menarik dan Tradisional
22:12
31 Juli 2024

Ide Lomba 17 Agustus Bapak-bapak, Tak Melulu Tarik Tambang, Ada Lebih Menarik dan Tradisional

Perayaan 17 Agustus dengan lomba sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Sejak satu bulan sebelumnya, biasanya masyarakat dari tingkat nasional sampai desa sudah melakukan rapat panitia merayakan Hari Kemerdekaan ke 78. Kalau kamu butuh ide lomba 17 Agustus bapak-bapak, coba cek informasi di bawah ini.

Lomba 17 Agustus bapak-bapak bisa apa saja. Kamu bisa memilih permainan seru untuk dilakukan secara berkelompok atau individual dan menjadi acara hiburan untuk masyarakat.

Selain menjadi hiburan, diharapkan perayaan Hari Kemerdekaan dengan lomba bisa menjadi sarana untuk mempererat kebersamaan masyarakat. Corak lomba 17 Agustus bapak-bapak bisa disesuaikan dengan kekhasan daerah masing-masing.

Berikut rekomendasi lomba 17 Agustus bapak-bapak yang umumnya akan diadakan setiap tahunnya.

Baca Juga: Seru Banget, Ide Lomba 17 Agustus Anak SD yang Dijamin Bikin Ngakak!

1. Lomba tarik tambang

Lomba yang memperlihatkan kekuatan para laki-laki atau bapak-bapak ini merupakan permainan tradisional yang dapat memperlihatkan kesatuan antar kelompok.

Pengelompokan peserta lomba bisa berupa antar RT atau RW, bisa juga antar desa jika perlombaan setingkat kecamatan. Dalam satu tim bisa terdiri atas sedikitnya lima orang.

2. Lomba balap bakiak

Lomba 17 Agustus bapak-bapak berikutnya yang terlihat tradisional dan menarik adalah lomba balap bakiak. Bakiak merupakan sandal tradisional.

Baca Juga: Lirik Lagu Indonesia Raya Lengkap Ciptaan WR Supratman yang Dinyanyikan Saat Upacara Bendera 17 Agustus

Orang-orang jaman sekarang sudah tidak terbiasa menggunakan bakiak, umumnya mereka memakai sandal jepit. Agar perlombaan semakin menarik dan mengundang tawa, lomba balap bakiak dilakukan secara berlompok. Satu kelompok terdiri minimal dua orang. Ini akan menguji kekompakan antar bapak-bapak.

3. Balap egrang

Lomba 17 Agustus bapak-bapak berikutnya adalah balap egrang. Lomba ini dilaksanakan secara individual untuk melihat kecekatan bapak-bapak.

Perlombaan bisa semakin menarik jika bapak-bapak harus berjalan dengan egrang dan mengambil sesuatu dengan posisi tetap berdiri di atas egrang.

4. Memancing

Lomba 17 Agustus bapak-bapak yang sangat cocok untuk mereka adalah memancing. Pemenang ditentukan dengan ketentuan kilogram.

Ikan yang didapat ditimbang. Bapak-bapak yang memperoleh jumlah kilogram paling berat, dia yang keluar sebagai pemenang.

5. Sepakbola Kerucut

Lomba 17 Agustus bapak-bapak berikutnya yang bisa dilakukan secara berkelompok adalah melakukan lomba sepakbola kerucut. Peserta bermain sepakbola sambil memakai kerucut di kepala yang dibuat dari kardus atau kertas.

6. Estafet air

Lomba 17 Agustus bapak-bapak berupa estafet air bisa mengundang tawa. Perlombaan ini akan meningkatkan kebersamaan dan kekompakan. Perlombaan dilakukan secara berkelompok, mereka harus berbaris memanjang ke belakang, sambil memegang baskom. Baskom orang yang paling depan akan diisi dengan air.

Kemudian air dioper ke pemain yang duduk di belakangnya melalui atas kepala tidak boleh menoleh. Pemain terakhir akan menjadi orang yang mengumpulkan air ke dalam ember di belakangnya. Panitia akan menghitung volumenya.

7. Lomba panjat pinang

Lomba panjat pinang adalah lomba paling legend di Indonesia. Peserta akan memanjat pinang yang sudah dilumuri minyak sehingga licin dan sulit dipanjat. Di atas pohon pinang akan ada berbagai hadiah menarik yang dapat diperebutkan oleh peserta.

8. Sepakbola pakai daster

Lomba 17 Agustus bapak-bapak lucu lainnya adalah sepakbola pakai daster. Dijamin penonton akan tertawa melihat bapak-bapak main bola pakai daster. Gerakan mereka akan terbatas oleh daster tersebut.

9. Lomba memindahkan belut

Lomba lain yang cocok untuk bapak-bapak dalam rangka hari raya Kemerdekaan RI adalah memindahkan belut dari satu wadah ke wadah lain memakai tangan polos.

Tantangan dari lomba ini adalah bapak-bapak harus berlomba dengan waktu yang terbatas. Belut yang licin akan menyulitkan bapak-bapak menangkapnya apalagi tidak boleh pakai sarung tangan. Perlombaan akan seru dan lucu.

10. Voli

Permainan voli merupakan olahraga yang biasanya dimainkan oleh bapak-bapak saat sore hari untuk menghabiskan waktu bersama. Saat tiba perayaan 17 Agustus, lomba Voli juga bisa dijadikan salah satu ajang perlombaan.

Perbedaannya, agar perlombaan menjadi semakin menarik dan seru adalah net volinya ditutupi, sehingga para pemain tidak bisa melihat aksi satu sama lain.

Demikian itu rekomendasi lomba 17 Agustus bapak-bapak. Semoga dapat menginspirasi kamu memilih lomba yang cocok untuk masyarakat di desamu.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #lomba #agustus #bapak #bapak #melulu #tarik #tambang #lebih #menarik #tradisional

KOMENTAR