Ratusan Warga Solo Geruduk DPRD, Lepas Pengunduran Diri Gibran dari Wali Kota
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyerahkan secara langsung surat pengunduran diri ke DPRD Solo, Selasa (16/7/2024). [Suara.com/Ari Welianto]
12:20
17 Juli 2024

Ratusan Warga Solo Geruduk DPRD, Lepas Pengunduran Diri Gibran dari Wali Kota

Ratusan Warga Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) sejak pagi menggeruduk Kantor DPRD Kota Surakarta untuk melepas Gibran Rakabuming Raka yang mengajukan pengunduran diri sebagai wali kota, Rabu (17/7/2024).

Gibran sendiri menghadiri agenda Sidang Paripurna DPRD Solo dengan agenda pengunduran dirinya dari kursi nomor 1 pemerintahan kota tersebut. Sebelum Gibran tiba, warga sudah berada di area DPRD Solo dengan mengibarkan spanduk-spanduk yang berisikan ucapan terima kasih kepada putra sulung Presiden Jokowi itu.

"Matur nuwun Mas Gibran sampun menemani Kota Solo. Maju kotane, aman lan nyaman rakyate," tulis salah satu spanduk yang dibawa warga.

Tak hanya itu, warga lainnya juga menuliskan ucapan di atas karton putih yang mendoakannya amanah menjalani amanat menjadi wakil presiden.

Baca Juga: Mundur dari Walkot Solo Jelang jadi Wapres, Elite PDIP Sindir Telak Gibran: Harusnya Pas Kampanye Kemarin!

Sementara itu, seorang warga Solo mengungkapkan rasa bangga sekaligus sedih ditinggal Gibran sebagai pemimpin kota tersebut.

"Kami di sini dari warga Solo yang sudah benar-benar menicntai Mas gibran, kami merasa kehilangan Mas gibran karena Mas Gibran harus bertugas lagi sebagai wakil presiden."

"Kami bangga sekaligus sedih, karena kami merasa Mas gibran sudah melindungi kami, membimbing kami, sudah menjadi pemimpin yang baik buat kami," ucapnya kepada awak media.

Suasana di depan Gedung DPRD Kota Solo sebelum Sidang Paripurna digelar dengan agenda pengunduran diri Gibran Rakabuming Raka dari kursi wali kota. [YouTube Berita Surakarta]Suasana di depan Gedung DPRD Kota Solo sebelum Sidang Paripurna digelar dengan agenda pengunduran diri Gibran Rakabuming Raka dari kursi wali kota. [YouTube Berita Surakarta]

Sebelummnya, suasana serupa juga terjadi di Balai Kota Solo. Gibran yang datang sekira jam 09.21 WIB langsung disambut ASN yang sudah berjajar di halaman menyambutnya.

Pemandangan tak biasa tersebut menjadi pembeda, karena hari ini menjadi hari terakhir Gibran berkantor di Balai Kota Solo. Tak hanya itu, ASN di Balai Kota Solo juga membawa kertas berisikan ucapan terima kasih kepada Gibran.

Baca Juga: Resmi Mundur Sebagai Wali Kota Solo, Gibran Bantah Persiapan Endorse Calon di Pilkada

Menanggapi antusias ASN yang melepasnya, Gibran menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah bekerja sama dengan baik dalam tiga tahun kepemimpinannya di Kota Solo.

"Terima kasih untuk segenap jajaran, semua yang ada di Balai Kota kerja selama tiga tahun sangat luar bisa sekali, pelayanan publik berjalan dengan baik. Semua fast response, dan sekali lagi terima kasih untuk kerja kerasnya," katanya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #ratusan #warga #solo #geruduk #dprd #lepas #pengunduran #diri #gibran #dari #wali #kota

KOMENTAR