Pansus Angket Haji Sudah Dibentuk, Rapat Perdana Dimulai di Masa Reses DPR Juli Ini
Pansus Angket Haji Sudah Dibentuk, Rapat Perdana Dimulai di Masa Reses DPR Juli Ini. [Antara]
18:40
15 Juli 2024

Pansus Angket Haji Sudah Dibentuk, Rapat Perdana Dimulai di Masa Reses DPR Juli Ini

Juru Bicara Panitia Khusus (Pansus) Angket Pengawas Haji 2024 DPR RI, Wisnu Wijaya memastikan jika Pansus akan segera memulai rapatnya pada Juli 2024 ini. Nantinya, langkah awal Pansus akan dimulai untuk memilih Ketua dan Anggota. 

"Rapat Pansus dengan agenda pertama pemilihan dan penetapan pimpinan panitia angket haji rencananya akan dimulai Bulan Juli. Namun, terkait tanggal pastinya belum muncul," kata Wisnu kepada wartawan, Senin (15/7/2024).

Anggota Komisi VIII DPR RI, Wisnu Wijaya mengunjungi korban banjir di Semarang, Jateng, Rabu (20/3/2024). (Dok: DPR)Anggota Komisi VIII DPR RI, Wisnu Wijaya mengunjungi korban banjir di Semarang, Jateng, Rabu (20/3/2024). (Dok: DPR)

Sementara itu, Pansus Angket ini akan bisa dibahas pada masa reses DPR RI dimulai Juli ini. Namun, kata Anggota Komisi VIII DPR RI fraksi PKS ini semua agenda Pansus yang akan dilakukan di masa reses Juli ini tergantung Sekretariat Jenderal DPR RI. 

"Terkait pemilihan dan penetapan pimpinan masih menunggu jadwal dari Sekretariat Pansus Angket Haji atas arahan dari Pimpinan DPR maupun Kesetjenan DPR," tuturnya. 

Baca Juga: Donald Trump Ditembak saat Kampanye, DPR Ikut Murka: Lawan Segala Kekerasan yang Ancam Demokrasi!

Pansus Haji

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menegaskan, dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) Angket pengawas Haji 2024 bertujuan agar tak terjadi penyelewengan dan penyalahgunaan yang merugikan jemaah haji Indonesia.  

Hal itu disampaikan Cak Imin usai dirinya memimpin langsung persetujuan pembentukan Pansus Angket pengawas Haji 2024 dalam rapat paripurna di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2024).  

"Tujuannya agar tidak ada lagi penyelewengan dan penyalahgunaan kebijakan yang merugikan jemaah haji yang sudah mengantre puluhan tahun," kata Cak Imin.  

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (Suara.com/Bagaskara)Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (Suara.com/Bagaskara)

Menurutnya, permasalahan yang paling fatal dari pelaksanaan ibadah haji tahun ini adalah mengenai pemberian visa haji.  

Baca Juga: Ketum PAN Zulhas Setuju DPR Bentuk Pansus Angket Haji, Asalkan...

"Yang paling fatal adalah penggunaan visa haji reguler tidak sepenuhnya diberikan kepada yang ngantre tahunan tapi diberikan kepada haji khusus dengan biaya yang mahal," tuturnya.  

Untuk itu, kata dia, mulai besok akan segera dibuatkan roadmap kerja dari Pansus Angket pengawas Haji 2024. Terlebih bagaimana target dari Pansus itu sendiri.  

"Mulai besok akan disusun roadmap kerja Pansus Angket Haji ini yang akan melibatkan nama-nama yang sudah ada tadi dari seluruh fraksi-fraksi yang ada di DPR yang akan bekerja dalam waktu secepat cepatnya dalam menyusun target target agar kesalahan pelaksanaan haji tidak terulang ulang di setiap tahunnya. Karena itu terima kasih seluruh anggota telah menyetujui Pansus Angket Haji 2024," ujarnya. 

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #pansus #angket #haji #sudah #dibentuk #rapat #perdana #dimulai #masa #reses #juli

KOMENTAR