Andra Soni Pengusaha Apa? Ini Profil Bakal Cagub Banten yang Diusung Gerindra
Bakal Cagub Banten Andra Soni. [Wikipedia]
14:04
13 Juli 2024

Andra Soni Pengusaha Apa? Ini Profil Bakal Cagub Banten yang Diusung Gerindra

Ketua DPRD Banten, Andra Soni, meramaikan bursa calon gubernur Banten pada Pilkada 2024. Terkini, Partai Gerindra mengusungnya sebagai cagub Banten. 

Andra Soni dipasangkan dengan Raden Achmad Dimyati Natakusumah, kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk maju di Pilgub Banten 2024. 

Pasangan Andra Soni-Raden Achmad Dimyati akan menjadi pesaing kuat kandidat Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi yang diusung Partai Golkar dan PDIP. 

Lalu siapakah Andra Soni? Berikut sekilas profilnya. 

Baca Juga: Profil Airin Rachmy Diany, Jago Golkar Dalam Pilkada Banten 2024

Andra Soni lahir di Payakumbuh, Sumatera Barat, pada 12 Agustus 1976. Terlahir dari keluarga miskin, Andra Soni sudah biasa hidup susah sedari kecil.

Ayahnya hanyalah seorang petani yang penghasilannya pas-pasan. Saat ia masih balita, keluarganya pindah ke Pekanbaru, Riau. Di sana sang ayah beralih pekerjaan menjadi kuli bangunan. 

Ingin merubah nasib, ayah Andra Soni memboyong keluarganya pergi ke Malaysia menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal. Di Negeri Jiran, ayah Andra bekerja sebagai buruh di kebun sawit.

Andra menamatkan SD-nya di Malaysia. Memasuki SMP, Andra Soni pulang ke tanah air tinggal bersama kakaknya di Ciledug, Tangerang. 

Di tengah kesusahan beruntung ada yang mau membantu membiayai sekolah Andra Soni hingga SMA. Dia adalah Raden Muhidin Wiranata Kusuma, putra dari Raden Aria Adipati Wiranata Kusuma, Menteri Dalam Negeri Indonesia pertama.

Baca Juga: Siapa Layak Pimpin Banten? Mengenal Lebih Dekat 5 Sosok Kandidat Pilgub 2024

Mulai Berbisnis

Setamat SMA, Andra Soni melanjutkan kuliah di STIE Bakti Pembangunan program Diploma III. Untuk membiayai kuliahnya, Andra memutuskan bekerja di PT Pura Kentjana Jakarta sebagai buruh. 

Di tengah jalan, perusahaan tempatnya bekerja terkena imbas krisis moneter hingga harus tutup. Andra lalu bekerja sebagai kurir antar surat di PT Traspatindo Abadi Sejahtera. Di sini ia membangun kariernya hingga menjadi marketing manajer.

Andra lalu terpikir untuk membuka sendiri usaha ekspedisi. Ia pun mendirikan perusahaan ekspedisi PT Antaran Sukses Express (AS Express). AS adalah singkatan dari namanya Andra Soni. 

Perusahaan ini mampu berkembang pesat. Kini perusahaan AS Express memiliki kantor perwakilan di sejumlah negara. 

Sukses membangun bisnis, Andra pun tertarik terjun ke dunia politik. Pada tahun 2014, ia bergabung dengan Partai Gerindra dan menjadi caleg. Ia sukses terpilih sebagai anggota DPRD Banten.

Pada Pemilu 2019, Andra Soni mengulang suksesnya di Pemilu 2014. Ia kembali terpilih menjadi anggota DPRD Banten dan menjadi Ketua DPRD Banten. 

Editor: Wakos Reza Gautama

Tag:  #andra #soni #pengusaha #profil #bakal #cagub #banten #yang #diusung #gerindra

KOMENTAR