CEK FAKTA: Puan Maharani Resmi Dukung Kaesang Pangarep di Pilkada Jateng, Benarkah?
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Suara.com/Bagaskara)
18:36
11 Juli 2024

CEK FAKTA: Puan Maharani Resmi Dukung Kaesang Pangarep di Pilkada Jateng, Benarkah?

Kabar mengenai Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPR Puan Maharani yang diduga mendukung Kaesang Pangarep dalam Pilkada Jawa Tengah 2024 menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Sebuah unggahan di platform YouTube memunculkan narasi yang menafsirkan adanya dukungan resmi dari Puan Maharani terhadap Kaesang.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“PUAN DUKUNG KAESANG ?

Baca Juga: Puan Wanti-wanti Anak Buahnya di DPR soal RUU Wantimpres: Jangan Langgar Aturan!

SINYAL REMATCH JOKOWI VS PDIP DIJATENG

Politik terkini - JEBAKAN PUAN BIKIN PSI HAL MEMALUKAN INI ?”

Namun, benarkah Puan Maharani resmi dukung Kaesang di Pilkada Jateng?

Berdasarkan penelusuran fakta yang dilakukan, klaim tersebut tidak sepenuhnya akurat. Adapun video yang menjadi sumber narasi tersebut serupa dengan unggahan dari Kompas TV yang berjudul “Bursa Pilkada 2024 Semakin Panas, Puan Maharani: Kaesang Pangarep Jadi Pertimbangan PDIP”.

Dalam video tersebut, Puan Maharani menyebutkan bahwa PDIP sedang mengkaji beberapa nama yang potensial untuk maju dalam Pilkada 2024, di antaranya adalah Kaesang Pangarep, berdasarkan hasil survei elektabilitas di Jawa Tengah.

Meskipun demikian, tidak ada pernyataan resmi dari Puan Maharani yang secara eksplisit menyatakan dukungannya terhadap Kaesang Pangarep untuk Pilkada Jawa Tengah 2024. Kabar ini masih dalam tahap pertimbangan internal partai dan belum ada keputusan yang final.

Baca Juga: CEK FAKTA: Pegi Setiawan Dihukum Mati karena Terbukti Bunuh Vina, Apa Benar?

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni mengatakan belum ada pembicaraan lebih lanjut terkait rencana pertemuan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Hingga kini belum ada pembicaraan lagi," kata Raja mengutip ANTARA, Minggu.

Raja mengatakan Ketum PSI Kaesang sudah bertemu Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan sudah ada understanding dalam pertemuan tersebut. Apabila nantinya pertemuan Kaesang Pangarep dengan Megawati dapat diwujudkan kembali, maka akan membawa hasil yang bagus.

"Mas Kaesang sudah punya nomor telepon Mbak Puan mereka akan komunikasi terkait itu," kata Raja.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bertemu Ketum PSI di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (5/10). Dalam pertemuan itu, Puan dan Kaesang sepakat untuk bersama-sama menjaga situasi tetap kondusif dan damai menjelang Pilpres 2024.

Menurut Puan, pertemuannya dengan Kaesang berlangsung santai, meskipun diselingi dengan pembicaraan serius terkait isu-isu terkini serta situasi politik. Selain itu, pertemuan tersebut juga berlangsung dengan penuh kekeluargaan.

Senada dengan Putri Megawati Soekarnoputri, Putra Presiden Joko Widodo mengatakan pertemuan formal tersebut terasa seperti pertemuan informal.

"Pertemuan kami diadakan di tempat yang netral, bukan di salah satu kantor (partai) kami, dan seperti yang Mbak Puan bilang, kami ini sebenarnya sudah seperti keluarga," kata Kaesang.

Editor: Bella

Tag:  #fakta #puan #maharani #resmi #dukung #kaesang #pangarep #pilkada #jateng #benarkah

KOMENTAR