Daftar 16 Gunung Api Mematikan dan Populer di Indonesia, Krakatau Paling Bahaya?
Gunung Marapi mengeluarkan batu panas saat erupsi terlihat dari Batang Silasiah, Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumatera Barat, Sabtu (13/1/2024) dini hari. [ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/nz]
14:08
11 Juli 2024

Daftar 16 Gunung Api Mematikan dan Populer di Indonesia, Krakatau Paling Bahaya?

Indonesia merupakan negara terbanyak yang memiliki gunung api di dunia. Sedikitnya, tercatat sebanyak 127 gunung berapi aktif di Indonesia. Jumlah tersebut mencapai 13 persen dari total gunung api di dunia.

Sejumlah daerah di Indonesia bahkan punya lebih dari satu gunung api aktif. Dalam catatan sejarah, sudah beragam peristiwa letusan gunung api besar terjadi hingga merenggut banyak nyawa.

Meski gunung api di Indonesia berjumlah ratusan, hanya beberapa yang populer dan diketahui banyak orang. Semua gara-gara keaktifan dan peristiwa-peristiwa besar yang terjadi.

Setidaknya, mengutip Antara, ada 16 gunung api populer di Indonesia. Berikut daftarnya:

Baca Juga: Kayak di Neraka, Begini Horornya Letusan Gunung Berapi di Islandia

1. Gunung Merapi

Gunung ini terletak di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia dengan sejarah letusan yang sering dan berdampak besar.

2. Gunung Krakatau

Gunung ini berada di Selat Sunda. Gunung Krakatau dikenal karena letusannya eksplosif pada tahun 1883 yang menghasilkan salah satu letusan paling dahsyat dalam sejarah.

3. Gunung Bromo

Baca Juga: 4 Fakta El Salvador, Negara yang Punya Julukan "Tanah Gunung Berapi"

Terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Gunung Bromo terkenal dengan kawah nya yang aktif dan pemandangan panorama yang menakjubkan. Gunung Bromo telah tiga kali meletus, yakni pada tahun 1995, 2000, dan 2004.

4. Gunung Semeru

Gunung ini dikenal sebagai Mahameru, Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa dan terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini memiliki aktivitas letusan periodik.

5. Gunung Rinjani

Terletak di Pulau Lombok, Gunung Rinjani adalah gunung berapi yang aktif dengan kawah besar dan danau kawah yang terkenal. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 2015.

6. Gunung Kelud

Terletak di Jawa Timur, Gunung Kelud telah mengalami letusan besar yang merusak pada masa lalu dan tetap aktif dengan sejarah letusan yang panjang. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 2014

7. Gunung Agung

Terletak di Bali, Gunung Agung adalah gunung berapi tertinggi di pulau ini dan pernah mengalami letusan besar pada tahun 1963, dan pertama kalinya pada tahun 1808

8. Gunung Sinabung

Terletak di Sumatera Utara, Gunung Sinabung adalah gunung berapi yang aktif kembali meletus pada tahun 2010 setelah periode istirahat yang panjang

9. Gunung Kerinci

Terletak di Bengkulu dan Sumatera Barat. Gunung Kerinci adalah gunung berapi tertinggi di Indonesia dan terus aktif dengan beberapa letusan kecil yang tercatat.

10. Gunung Tambora

Terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Gunung Tambora terkenal karena letusannya pada tahun 1815 yang menyebabkan tahun tanpa musim panas global.

11. Gunung Ambang

Gunung Ambang terletak di Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Gunung ini memiliki ketinggian 1.795 meter di atas permukaan laut. Menurut catatan sejarah, peristiwa letusan terakhir terjadi sekitar tahun 1850-an.

12. Gunung Salak

Gunung Salak terletak di Sukabumi, Bogor, Jawa Barat. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut. Sejak tahun 1600-an tercatat terjadi beberapa kali erupsi atau letusan Gunung Salak.

13. Gunung Dieng

Gunung Dieng terletak di Banjarnegara, Wonosobo, Batang, Jawa Tengah. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut. Tercatat jika terakhir Gunung Dieng meletus pada tahun 2011, tepatnya di kawah Timbang di Kabupaten Banjarnegara.

14. Gunung Tangkuban

Parahu Gunung Tangkuban Parahu terletak di Subang, Bandung, Jawa Barat. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut. Gunung Tangkuban Perahu mengalami erupsi terakhir pada 2019.

15. Gunung Gede

Gunung Gede terletak di Cianjur, Bogor, Sukabumi, Jawa Barat. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut. Gunung Gede diketahui mengalami erupsi sebanyak 27 kali, dari tahun 1747 hingga letusan terakhir 1957.

16. Gunung Marapi

Gunung Marapi berada di Kabupaten Agam dan Tanah di Sumatera Barat. Gunung ini merupakan gunung api paling aktif di Sumatera yang ketinggiannya mencapai 2.891 meter.

Tanggal 3 Desember 2023 lalu, Gunung Marapi meletus hingga menewaskan sebanyak 24 orang pendaki. Itulah daftar ringkas gunung api di Indonesia yang populer dikenal masyarakat.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #daftar #gunung #mematikan #populer #indonesia #krakatau #paling #bahaya

KOMENTAR