Ketum Muhammadiyah Usul Umat Muslim Hijrah ke Kalender Hijriah, Ini Alasannya
Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. [Kontributor Suarajogja.id/Putu Ayu Palupi]
11:36
10 Juli 2024

Ketum Muhammadiyah Usul Umat Muslim Hijrah ke Kalender Hijriah, Ini Alasannya

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyarankan agar umat muslim di dunia untuk hijrah ke Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT). Usul tersebut disampaikan karena, menurut Haedar, selama ini selalu ada perbedaan antara umat Islam sendiri menentukan kalender Hijriah.

"Saatnya umat Islam sedunia hijrah ke Kalender Islam Global Tunggal sebagai bayar utang peradaban. Sungguh malu Dunia Muslim dalam menentukan hari, tanggal, dan tahun baru Hijriah masih berbeda antarnegara maupun di satu negara," kata Haedar melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, seperti dikutip, Rabu (10/7/2024).

"Apalagi menentukannya dengan cara dadakan yang mengandung ketidakpastian," katanya menambahkan.

Akan tetapi, menggunakan kalender hijriah sebagai suatu rujukan dinilai bukan suatu kebiasaan bagi masyarakat muslim sendiri di Indonesia.

Baca Juga: Serba-serbi Kalender Hijriah Global Tunggal: Pengertian, Alasan Dipakai Muhammadiyah hingga Link Download PDF

Sementara Dosen Kajian Agama Dan Alquran Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Nur Rofiah mengatakan bahwa masyarakat memang sudah terbiasa dengan kalender hijriah. Akan tetapi hanya sebatas untuk kegiatan keagamaan.

"Untuk ritual keagamaan tentunya sudah ya karena keniscayaan. Seperti puasa Ramadhan, lebaran Idul Adha, Idul Fitri, dan ibadah Haji. Mereka juga terbiasa dengan peringatan-peringatan kayak Maulid Nabi di bulan Rabiul Awal. Tapi sepertinya belum terbiasa sebagai kalender utama dalam menyusun kegiatan harian," kata Nur kepada , dihubungi Rabu (10/7/2024).

Meski Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, Nur berpandangan kalau penggunaan kalender hijriah seperti saat ini sudah sesuai. Peran pemerintah pun dinilai telah cukup, sehingga tak perlu turut andil dalam membiasakan masyarakat menggunakan kalender hijriah.

"Menurut saya pemerintah seperti sekarang sudah cukup, tidak melarang dan tidak mengharuskan. Ormas Islam biasanya menggunakan dua kalender dalam surat-surat formalnya. Itu juga bagus," pungkasnya.

Diketahui bahwa kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT) merupakan inisiatif visioner dari Muhammadiyah untuk menciptakan kalender Islam yang seragam di seluruh dunia.

Baca Juga: Muhammadiyah Alihkan Dana ke BCA Syariah, Langsung Sindir Bank Milik Negara Soal Ini

Dilihat pada situs resmi Muhammadiyah disebutkan kalau KHGT menjadi bentuk respons terhadap kebutuhan akan kepastian dan ketepatan dalam pelaksanaan ibadah yang bersifat global.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #ketum #muhammadiyah #usul #umat #muslim #hijrah #kalender #hijriah #alasannya

KOMENTAR