Ratusan Juta Rupiah Menanti!  Adu Cepat di EKR Piala PUPR 2024, Berani?
Kick off Electric Karting Race 2024, Kota Bandung, Kamis (27/6/2024). (Dok: PUPR)
13:04
28 Juni 2024

Ratusan Juta Rupiah Menanti! Adu Cepat di EKR Piala PUPR 2024, Berani?

Balap gokart listrik Electric Karting Race 2024 akan digelar dengan memperebutkan hadiah total uang ratusan juta rupiah serta Piala Menteri PUPR. Event ini, merupakan balapan kedua setelah sukses diselenggarakan pada tahun 2023.

Event balap gokart listrik ini merupakan hasil kerja sama Kementerian PUPR dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia), PT PLN Persero, dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Ketua Penyelenggara Electric Karting Race 2024, Yudi Herdiana mengatakan balap gokart listrik satu-satunya di Indonesia Electric Karting Race ini digelar dengan tujuan untuk mengisolasi program pemerintah terkait dengan penggunaan kendaraan listrik.

"Tujuan Electric Karting Race ini, ingin sebetulnya yang pertama mengisolasi program pemerintah terkait dengan penggunaan kendaraan listrik," ucapnya saat saat kick off Electric Karting Race 2024 di Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kota Bandung, Kamis (27/6/2024).

Baca Juga: Banjir Kritikan! Klaim 45 Investor di IKN, Wamen ATR/BPN Malah Ditantang Bukti

Selain itu, pihaknya juga ingin mensosialisasikan terkait teknologi pembangun jalan, sehingga event ini digelar kembali di Sirkuit Electric Vehicle (EV) PUPR, Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kota Bandung pada 3 - 4 Agustus 2024.

Selain itu, berbeda dengan tahun sebelumnya Electric Karting Race 2024 akan diselenggarakan juga di Kantor Kementerian PUPR, Ibu Kota Nusantara (IKN) 30 November - 1 Desember 2024 mendatang.

"Dan yang kedua tentunya kami di sini core bisnisnya yakni membangun jalan, kami juga ingin mensosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan teknologi jalan," jelasnya.

Pada Electric Karting Race 2024, ada empat kelas yang akan dilombakan yakni kelas Mini untuk usia 7 – 13 tahun, kemudian, Junior usia 11 – 15 tahun, Senior usia 15 tahun ke atas dan Expert usia 32 tahun ke atas.

Menjelang  Electric Karting Race 2024. (Dok: PUPR)Menjelang Electric Karting Race 2024. (Dok: PUPR)

Selain itu, pada Electric Karting Race 2024 panitia menyiapkan sebanyak 50 kuota peserta. Pendaftaran sendiri sudah dibuka sejak 1 Juni hingga 15 Juli mendatang.

Baca Juga: Airlangga Bicara Kemenko Perekonomian Berkantor Di IKN: Pindah Kalau Lokasi Sudah Siap

Sementara itu, event balap gokart listrik ini mendapatkan respon positif dari masyarakat, untuk itu Electric Karting Race 2024 akan berlangsung di dua lokasi Bandung dan IKN.

"Penyelanggaraan Karting Race pertama di Indonesia pada 2023 lalu ini disambut baik oleh masyarakat dari IMI dan kejutan juga disambut oleh teman-teman di otorita IKN. Sehingga teman-teman di otorita IKN ingin menyelenggarakan Karting Race di IKN," ungkapnya.

Yudi menuturkan, dengan ditambahnya lokasi Electric Karting Race 2024, maka akan menjadi tantangan bagi pembalap.

"Mungkin ini satu tantangan menarik dan pengalaman baru buat teman-teman pembalap, sehingga pada tahun ini insya Allah akan menyelenggarakan dua ronde untuk Electric Karting Race," ujarnya. 

"Yang pertama tanggal 3-4 Agustus di sirkuit Bandung dan di akhir November dan awal Desember menyelenggarakan ronde kedua di IKN," jelasnya. 

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #ratusan #juta #rupiah #menanti #cepat #piala #pupr #2024 #berani

KOMENTAR