Rentak Perubahan vs Oke Gas 02 vs Langit Cerah: Mana yang Lebih Enak di Telinga, Kalau Jingle Ibas Selalu Dihati?
Warga melintas di samping baliho sosialisasi visi dan misi tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024 yang terpasang di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (9/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
14:32
18 Januari 2024

Rentak Perubahan vs Oke Gas 02 vs Langit Cerah: Mana yang Lebih Enak di Telinga, Kalau Jingle Ibas Selalu Dihati?

Tim kampanye nasional (TKN) Prabowo-Gibran beberapa waktu lalu resmi memperkenalkan lagu Oke Gas milik Richard Jersey sebagai lagu untuk paslon 02 di Pilpres 2024.

Setelah berkolaborasi dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, dan sebagai bentuk dukungannya, Richard membuat lagu berjudul Oke Gas Prabowo Gibran yang sesuai dengan perjuangaan Prabowo-Gibran.

"Pas kita tahu lagu ini viral, kami coba menemui Richard. Ternyata Richard merasa terharu lagunya jadi hits dan membuatkan lagu untuk digunakan dalam kampanye Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Akbar Himawan Buchari saat Launching Lagu dan Video Klip Kampanye Resmi Prabowo-Gibran.

Ketika bertemu Richard, Akbar mendengar kisah yang membuat rapper 27 tahun ini termotivasi saat membuat lagu Oke Gas. Sebagai pendatang baru, dan dari daerah, Richard sering dicemooh oleh rapper senior. Namun, ia tetap berjuang dan membuktikan bahwa anak muda bisa berkarya.

"Jadi ini pas banget sama yang dialami Prabowo-Gibran. Bagaimana paslon 02 sering mendapat cibiran bahkan black campaign dari lawan-lawan politiknya. Tapi, Pak Prabowo dan Mas Gibran membalas cibiran itu dengan pembuktian untuk Indonesia," jelas Akbar.

Nah lagu Oke Gas untuk kampanye Prabowo-Gibran, sedikit diubah liriknya. Di awal lagu, terselip potongan ucapan Prabowo Subianto saat debat Pilpres 2024 beberapa waktu lalu, Sorry ye!

"Tabrak-tabrak masuk
Adu gagasan tetap masuk
Meski jauh jarak pandang
Coba sedikit mengganguk

Kerja nyata paling jelas
Berjuang tanpa batas
Prabowo-Gibran tetap gas
Indonesia makin emas

Oke gas-oke gas
Nomor dua torang gas
Nomor dua torang gas,"

Begitu sebagian penggelan lirik dari lagu Oke Gas 02 yang jadi lagu resmi pasangan Prabowo-Gibran.

Tak hanya paslon 02, paslon 01 Anies-Muhaimin (AMIN) juga gunakan musik dan lagu untuk menarik minat calon pemilih. Muhaimin Iskandar di akun Twitter miliknya @cakimiNOW memperkenalkan lagu berjudul Rentak Perubahan Amin.

Menurut Cak Imin, lagu tersebut dinyanyikan oleh santri Ponpes Terpadu Al Yasini Pasuruan.

"Lagu Rentak Perubahan AMIN karya Lebah Begantong dinyanyikan oleh santri-santri Ponpes Terpadu Al Yasini Pasuruan," tulis Cak Imin.

Mengutip dari deskripsi kanal Youtube Lebah Gentong Official di Youtube disebutkan bahwa lagu tersebut memang diciptakan untuk pasangan AMIN.

"Semoga bermanfaat untuk Indonesia MENUJU PERUBAHAN," tulis akun tersebut.

Tak hanya Rentak Perubahan, rapper asal Betawi, Kojek juga membuat lagu untuk Anies-Muhaimin yang berjudul AMIN.

"untuk perubahan yuk bilang Amin
hidup aman nyaman yuk bilang amin
Gampang Pekerjaan yuk bilang Amin
Bangsa Sejahtera yuk semua Amin

banyak keadilan yuk bilang amin
bebas berpendapat yuk bilang amin
Pendidikan bagus yuk bilang amin
Bangsa Bahagia yuk semua amin,"

Begitu sebagian lirik lagu milik rapper Kojek untuk mendukung pasangan Anies-Muhaimin.

Lantas bagaimana dengan paslon nomor 3, Ganjar-Mahfud MD, apakah mereka memiliki lagu seperti dua paslon di atas?

Beberapa waktu lalu, paslon nomor urut 3 jadi sorotan lantaran lagu yang dirilis oleh girlband bernama GM24. Sayangnya lagu tersebut tuai kontroversial.

Lagu berjudul Langit Cerah itu dianggap menjiplak lagu After School milik girlband Korea, Weeekly.

Tak hanya ketiga paslon tersebut, salah satu caleg juga belakangan jadi sorotan karena muncul jingle miliknya yang kerap wara wiri di laman sosial media.

Caleg itu ialah Edhie Baskoro Yudhoyono yang muncul dengan lagu berjudul 'Ibas di Hati.. Oh Ibas di Hati..' Sekedar informasi Ibas maju di Pemilu 2024 pada daerah pemilihan (dapil) 7 Provinsi Jawa Timur.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #rentak #perubahan #langit #cerah #mana #yang #lebih #enak #telinga #kalau #jingle #ibas #selalu #dihati

KOMENTAR