Profil Danis Murib, Eks TNI yang Membelot Jadi Anggota OPM Kini Ditembak Mati
Peristiwa penembakan. (pixabay)
18:48
18 Juni 2024

Profil Danis Murib, Eks TNI yang Membelot Jadi Anggota OPM Kini Ditembak Mati

Danis Murib, mantan anggota TNI, tewas ditembak mati pada Sabtu (15/06/2024). Sosok Danis Murib adalah eks anggota TNI yang membelot dengan bergabung ke kelompok Organisasi Papua Merdeka atau OPM.

Sebelumnya, TNI memang melakukan operasi pengejaran terhadap mantan prajurit Kodam V/Brawijaya tersebut. Hal ini dilakukan setelah kasus penembakan Praka Hendrik Fonataba pada Sabtu (15/6/2024) lalu.

Danis diduga terlibat dalam rencana penembakan Praka Hendrik hingga menjadi buronan. Aparat pun melakukan penyisiran wilayah kekuasaan OPM demi mengungkap keberadaan Danis. Tim gabungan akhirnya mengendus keberadaannya, dan langsung melakukan penyergapan. Danis pun ditembak mati oleh anggota Satgas Korps Habema.

Lalu, seperti apa sosok Danis Murib sebenarnya? Simak inilah selengkapnya.

Baca Juga: Ketakutan Kena Teror Kelompok OPM Pimpinan Undius Kogoya, Warga Distrik Bibida Mengungsi Di Gereja

Profil Danis Murib

Danis Murib adalah mantan anggota TNI AD dengan pangkat prajurit dau (Prada). Ia sempat bertugas di Satgas Yonif 527/Baladibya Yudha Kodam V/Brawijaya di Surabaya, Jawa Timur.

Usai di Surabaya, Danis ditugaskan di Pos Moanemani Baru, Papua Tengah. Ia diperintahkan untuk menjaga kedaulatan NKRI di Papua, khususnya dalam melawan OPM.

Namun selama bertugas di Papua, Danis mulai dicurigai telah memberikan informasi kepada pihak OPM atas rencana operasi TNI. Dugaan ini semakin dibuktikan dengan aksi Danis yang kabur, sehingga menjadi desertir TNI sejak 14 April 2024.

Sejak saat itu, namanya masuk daftar buronan TNI. Danis dicap sebagai pengkhianat negara lantaran membelot menjadi anggota OPM, serta diduga kerap terlibat dalam berbagai operasi OPM.

Baca Juga: Berkhianat ke OPM, Desertir TNI Tewas Ditembak di Papua

Dalam foto terbaru yang beredar, Danis sempat mengenakan baju OPM lengkap. Ia juga memakai riasan wajah mirip dengan anggota OPM di bawah kepemimpinan Undius Kogoya.

Pengkhiatanan Danis membuat TNI-Polri mulai melakukan operasi penangkapannya. Sosoknya pun diduga berada di Distrik Bidiba, Kabupaten Paniai, Papua Tengah.

Setelah melakukan pengejaran, anggota gabungan akhirnya menemukan lokasi Danis. Penggerebekan hingga kontak tembakan tak bisa dihindari. Dalam kejadian ini, dua anggota OPM tewas, di mana salah satunya ialah Danis Murib.

Diketahui anggota OPM lain sempat meninggalkan jasad Danis Murib demi menyelamatkan wilayah lain. Sampai akhirnya, juru bicara OPM KKB Sebby Sambom mengonfirmasi bahwa anggota mereka, Danis Murib, sudah tewas. Danis disebut akan dimakamkan secara militer oleh OPM.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #profil #danis #murib #yang #membelot #jadi #anggota #kini #ditembak #mati

KOMENTAR