Berhasil Kirim Milenial Kuliah di Luar Negeri, Ganjar: Selalu Ada yang Baru dengan Anak Muda
Capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyapa awak media saat menghadiri Penguatan Anti Korupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
07:40
18 Januari 2024

Berhasil Kirim Milenial Kuliah di Luar Negeri, Ganjar: Selalu Ada yang Baru dengan Anak Muda

Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo berusaha memberikan wadah bagi generasi milenial untuk berkembang. Saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, dia juga memprakarsai program Hetero Space. Program ini telah memberikan banyak manfaat bagi kaum muda.   “Selalu ada yang baru ketika bertemu dengan anak muda. Hari ini ada Ardhi yang bercerita pengalamannya sampai bisa kuliah di Autralia dan Naka, penulis yang concern bicara pendidikan,” ujar Ganjar, Kamis (18/1).   Menurutnya, anak muda memang perlu mendapat perhatian dan ruang agar bisa berkembang dan turut serta membangun bangsa dan negara. Tenaga anak muda begitu dibutuhkan bangsa.  

  “Kita perlu menggandeng anak muda, karena mereka punya ide bagus dan pemerintah juga harus memperhatikan mereka,” jelasnya.   Sementara, pemuda bernama Muhammad Yusuf Ardhian bercerita bisa melanjutkan kuliah di Monash University Australia berkat Ganjar. Dia menyampaikan, pada Oktober mendatang akan berangkat ke Australia untuk menempuh pendidikan di jurusan master business of innovation.   Sebelum sampai pada tahap ini, Ardhi sempat membuka usaha jasa konten kreator. Namun bisnisnya harus bangkrut hingga rugi Rp 300 juta.  

  Namun, dia mencoba bangkit kembali merintis usahanya dengan ikut Hetero Space, semacam coworking space yang didirikan Ganjar. Dengan pelatihan dan pendampingan di Hetero Space, Ardhi berhasil mengembangkan start-up yang kemudian mengantarkannya kuliah di Australia.   “Alhamdulillah saya bisa meneruskan kuliah di Monash University Australia, karena saya ikut Hetero Space,” ungkapnya.   Anak muda kelahiran Kendal, 16 November 1998 itu mengatakan, Ganjar memiliki pemikiran yang kekinian untuk bisa memperjuangkan anak muda terus maju. Saat ini, ia sudah membantu mengembangkan pelaku UMKM di beberapa daerah di Indonesia untuk promosi melalui konten-konten kreatif.  

  “Dan saya hanya mantau lewat handphone saya ini,” paparnya.   Selain Ardhi, ada juga Setia Naka Andrian, seorang sastrawan muda yang pernah menulis tentang SMKN Jawa Tengah. Menurutnya, sekolah yang didirikan Ganjar itu sangat bagus untuk akses pendidikan generasi sekarang.   “Saya rasa SMKN Jateng sangat keren, karena berasrama dan kurikulumnya juga bagus, yang sudah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Saya berharap itu dapat dikembangkan di semua daerah di Indonesia dengan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten dalam menentukan kurikulumnya,” pungkasnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #berhasil #kirim #milenial #kuliah #luar #negeri #ganjar #selalu #yang #baru #dengan #anak #muda

KOMENTAR