Blackout Sumatera, PLN Klaim 100% Listrik Pelanggan di Riau Nyala Kembali
Ilustrasi pemadaman listrik. [ANTARA]
09:52
6 Juni 2024

Blackout Sumatera, PLN Klaim 100% Listrik Pelanggan di Riau Nyala Kembali

Blackout atau pemadaman listrik terjadi di sebagian besar provinsi Pulau Sumatera yaitu Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu, Sumatera Barat dan Riau bahkan Sumatera Utara sejak Selasa (4/6/2024). 

Pihak PLN mengakui ada gangguan jaringan transmisi SUTT Linggau-Lahat yang mengakibatkan sejumlah wilayah di Pulau Sumatera mengalami pemadaman listrik, termasuk Riau.

Terbaru, PLN menyebut jika pihaknya telah berhasil memulihkan kelistrikan di provinsi berjuluk Bumi Lancang Kuning tersebut. Hal ini diumumkan melalui akun media sosial Instagram PLN Riau-Kepulauan Riau (Kepri), @plnriaukepri pada Kamis (6/6/2024)

"Pelanggan yang terhormat, PT PLN (Persero) berhasil memulihkan kelistrikan di Riau yang terdampak gangguan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat," kata PLN.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tandai Pembangunan PLN Hub, Pusat Ekosistem Transisi Energi dan Layanan Digital di Jantung IKN

Dalam pernyataannya, PLN menyampaikan saat ini sudah 100 persen pelanggan yang sebelumnya terkena imbas mati lampu yang terjadi berjam-jam sudah menyala kembali.

"Kini 100 persen listrik pelanggan di Riau yang sebelumnya terdampak atau sebanyak 927.463 pelanggan telah menyala kembali," tulis PLN.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung kami dalam melakukan pemulihan sistem kelistrikan di Riau. Kami akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan agar kelistrikan di Riau semakin andal," sambungnya.

Diketahui sebelumnya, perusahaan listrik BUMN ini mengakui ada gangguan jaringan transmisi di Pulau Sumatera. Pemadaman terjadi karena ada gangguan di transmisi SUTT Linggau-Lahat yang mengakibatkan sejumlah wilayah mengalami pemadaman listrik.

"Pelanggan yang terhormat, PT PLN (Persero) tengah bergerak cepat mengatasi gangguan kelistrikan yang terjadi pada sejumlah jaringan transmisi di Pulau Sumatera," demikian akun Instagram @plnriaukepri.

Baca Juga: Kronologi Listrik Serentak Padam di Sumatera: Penyebab dan Solusi PLN

PLN mengaku pihaknya telah menerjunkan personelnya untuk segera memulihkan kembali sistem kelistrikan. 

"Ratusan personel PLN telah diterjunkan ke lapangan guna menelusuri penyebab gangguan agar segera memulihkan kembali sistem kelistrikan yang terdampak," terang PLN.

Mereka pun menyampaikan permohonan maaf atas gangguan yang terjadi.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami dan mohon dukungan doa agar listrik lekas pulih kembali," ucap PLN.

Editor: Eko Faizin

Tag:  #blackout #sumatera #klaim #listrik #pelanggan #riau #nyala #kembali

KOMENTAR