Anies Berkomitmen Revisi UU KPK, Kembalikan Stardar Etika Tinggi di KPK
Calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersama Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas Amin) setelah mengikuti acara Penguatan Antikorupsi Untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) terhadap capres-cawapres di Pilpres 2024 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024).(KOMPAS.com / IRFAN KAMIL)
21:58
17 Januari 2024

Anies Berkomitmen Revisi UU KPK, Kembalikan Stardar Etika Tinggi di KPK

- Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan berkomitmen mengembalikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki standar etika yang tinggi.

Hal ini disampaikan Anies dalam acara Penguatan Antikorupsi Untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) yang digelar di Gedung Juang KPK, Rabu, (17/1/2024) malam.

“Kita ingat era di mana KPK datang di sebuah tempat, tidak mau ikut makan, tidak mau ikut kegiatan-kegiatan yang didanai di luar KPK,” kata Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai, nilai-nilai yang pernah ada di lembaga antirasuah itu harus dikembalikan.

Dengan demikian, etika yang dimiliki oleh setiap insan KPK bisa mendapatkan kembali kepercayaan publik yang saat ini luntur.

“Standar yang tinggi itu harus dikembalikan di KPK sehingga bukan saja Undang-undangnya memberikan kekuatan dan kemandirian tapi juga di dalamnya baik pimpinan maupun seluruh staf bekerja dengan kode etik yang sangat tinggi,” ujar Anies.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga berkomitmen akan mengembalikan kepercayaan publik yang menurun terhadap KPK.

Menurutnya, KPK harus menjadi intitusi yang memiliki kekuatan dan kemampuan untuk menindak seluruh pelanggaran tindak pidana korupsi.

Namun, Anies mengatakan, hal itu akan bisa dilakukan jika Undang-Undang KPK yang menjadi dasar regulasi lebih kuat.

“Kita ingin mengembalikan agar KPK berwibawa lagi secara legal seperti dulu dan ini artinya merevisi Undang-undang KPK,” kata Anies.

“Kami ingin agar revisi ini bisa mengembalikan KPK kepada posisi yang kuat,” ujarnya lagi.

Sebelumnya, Anies juga menyinggung soal dibutuhkannya sosok-sosok berintegritas dalam upaya pemberantasan korupsi di Tanah Air.

Editor: Irfan Kamil

Tag:  #anies #berkomitmen #revisi #kembalikan #stardar #etika #tinggi

KOMENTAR