Satgas Damai Cartenz Tangkap Pimpinan OPM Wilayah Puncak Lupa Waker
Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). [Sebby Sambom]
13:44
20 Mei 2024

Satgas Damai Cartenz Tangkap Pimpinan OPM Wilayah Puncak Lupa Waker

Satgas Damai Cartenz kembali menangkap pimpinan kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). Kali ini, yakni Lupa Waker alias Lupa Walo pimpinan TPNPB-OPM wilayah Puncak.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz 2024 Kombes Faizal Ramadhani mengatakan Lupa Waker ditangkap di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Minggu, (19/5/2024) kemarin.

"Lupa Waker alias Lupa Walo merupakan anggota KKB aktif wilayah Puncak dan yang bersangkutan termasuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Nomor DPO: 2/II/Res 1.13/2024 Reskrim, terkait kasus pembakaran camp dan alat berat milik PT. Unggul di Mundidok, Kabupaten Puncak pada bulan Februari tahun 2021 lalu," kata Faizal kepada wartawan, Senin (20/5/2024).

Pimpinan TPNPB-OPM wilayah Puncak, Lupa Waker ditangkap Satgas Damai Cartenz di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Minggu, (19/5/2024). (Ist)Pimpinan TPNPB-OPM wilayah Puncak, Lupa Waker ditangkap Satgas Damai Cartenz di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Minggu, (19/5/2024). (Ist)

Sementara Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Bayu Suseno menuturkan, penangkapan terhadap Lupa Waker berawal dari adanya informasi yang diberikan masyarakat.

"Laporan dari masyarakat terhadap keberadaan yang bersangkutan sehingga anggota kami langsung bergerak cepat untuk melakukan penangkapan," tuturnya.

Satgas Damai Cartenz mengamankan sejumlah alat bukti dari penangkapan Pimpinan TPNPB-OPM wilayah Puncak, Lupa Waker Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Minggu, (19/5/2024). (Ist)Satgas Damai Cartenz mengamankan sejumlah alat bukti dari penangkapan Pimpinan TPNPB-OPM wilayah Puncak, Lupa Waker Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Minggu, (19/5/2024). (Ist)

Selain menangkap Lupa Waker, lanjut Bayu, pihaknya juga turut mengamankan sejumlah barang bukti. Beberapa bukti tersebut di antaranya satu bilah sangkur, dompet, noken, noken kepal, KTP atas nama Les Mosip, uang Rp113.000, dan dua unit HP.

Kekinian Lupa Waker telah dibawa ke Posko Satgas Damai Cartenz di Timika. Penyidik menurutnya masih melakukan pemeriksaan intensif untuk mendalami terkait keterlibatan yang bersangkutan dengan kelompok TPNPB-OPM.

"Rencana kami selanjutnya adalah kami akan melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap tiga DPO lainnya yang terlibat dalam pembakaran camp PT Unggul pada tahun 2021 lalu" pungkasnya.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #satgas #damai #cartenz #tangkap #pimpinan #wilayah #puncak #lupa #waker

KOMENTAR