ICW Harapkan Jokowi Punya Tanggung Jawab Moral Pilih Capim dan Dewas KPK yang Berintegritas
Ilustrasi gedung KPK. Benardy Ferdiansyah/Antara
09:40
13 Mei 2024

ICW Harapkan Jokowi Punya Tanggung Jawab Moral Pilih Capim dan Dewas KPK yang Berintegritas

  Indonesia Corruption Watch (ICW) mengharapkan pembentukan Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim dan Dewas KPK) dapat memilih capim KPK yang berintegritas. Ia mengingatkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bisa mengevaluasi kinerja Pimpinan KPK periode 2019-2024 yang dinilai banyak masalah dan kontroversi.   "Kalau kita berangkat dari permasalahan yang dialami KPK, harusnya Presiden sudah bisa melakukan evaluasi, meskipun kita tahu bahwa komposisi akhir pimpinan KPK itu nantinya memang ditentukan melalui fit and proper test di DPR," kata peneliti ICW Diky Anandya kepada wartawan, Senin (13/5).   Karena itu, Presiden Jokowi dinilai mempunyai kuasa untuk memfilter capim dan Dewas KPK periode 2024-2029. Sehingga menghasilkan Capim maupun Dewas KPK yang berintegritas.  

  "Tetapi tentu, bukan berarti Presiden itu tidak punya kuasa untuk kemudian memfilter calon-calon yang bermasalah," ucap Diky.   Menurut Diky, sebelum Capim dan Dewas KPK jalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan akan dipilih sebanyak 10 nama untuk diserahkan ke DPR RI. Sehingga Presiden Jokowi dinilai punya tanggung jawab moral untuk menentukan komposisi yang kredibel.   "Prosesnya kan sebelum diserahkan ke DPR, Pansel akan lebih dahulu menyodorkan nama-nama yang kemudian akan disaring sebanyak sepuluh nama untuk dikirimkan ke proses fit and proper test," ujar Diky.  

  Karena itu, komitmen awal perbaikan kinerja KPK berada di tangan Presiden. Tak pungkiri, pembentukan Pansel merupakan hal yang paling utama dalam menentukan Capim dan Dewas KPK yang berintegritas.   "Sehingga, kami melihat bahwa bentuk komitmen awal yang seharusnya ditunjukkan Presiden dan harus diperhatikan gitu ya, dan ini paling krusial adalah pembentukan panitia seleksi yang tadi disebutkan sebagaimana mengutip pihak Setneg bahwa nama-nama pansel itu akan diumumkan dalam waktu dekat di bulan Mei 2024 ini," pungkas Diky.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #harapkan #jokowi #punya #tanggung #jawab #moral #pilih #capim #dewas #yang #berintegritas

KOMENTAR