Pemkab Gresik Lantik Ulang Pejabat Penerima Mutasi setelah Mendapat Izin Kemendagri
Pemkab Gresik gelar pelantikan ulang sejumlah pejabat di Ruang Mandala Bakti Praja Kantor Bupati Gresik. (Guslan Gumilang/Jawa Pos)
19:24
30 April 2024

Pemkab Gresik Lantik Ulang Pejabat Penerima Mutasi setelah Mendapat Izin Kemendagri

–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik gelar pelantikan ulang di Ruang Mandala Bakti Praja Kantor Bupati Gresik. Pelantikan ulang tersebut dilangsungkan setelah Pemkab Gresik menerima surat izin tertulis dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pelantikan ulang ditujukan bagi seluruh pejabat penerima mutasi jabatan pada 22 Maret. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Gresik Agung Endro Dwi Setyo Utomo menuturkan, terdapat 143 pejabat yang dilantik ulang.

Di antara pejabat tersebut, terdapat 4 orang pejabat pimpinan tinggi pratama (PTP) Pemkab Gresik. Serta 74 pejabat struktural dengan tingkat jabatan 4 Eselon B hingga 3 Eselon A.

”Selain itu, terdapat 65 pejabat fungsional,” tutur Agung Endro Dwi Setyo Utomo.

Dengan rincian 5 kepala puskesmas, 48 kepala UPT SD Negeri, 2 kepala UPT SMP Negeri, dan 10 orang pejabat pengawas sekolah.

Lebih lanjut, Agung menyampaikan, segala kebijakan yang telah diambil pejabat sebelum pelantikan ulang tetap dianggap sah dan berlaku. Sehingga program kerja yang telah dicanangkan para pejabat terkait tetap bisa dilanjutkan kembali.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengungkapkan, sebenarnya tidak ada kesalahan administrasi dalam pelantikan pada 22 Maret. ”Semuanya sudah selesai dalam administratif,” sambung dia.

Pengangkatan dilangsungkan melalui mekanisme yang panjang. Utamanya pada pengangkatan pejabat PTP di lingkungan Pemkab Gresik. Gus Yani mengungkapkan, pihaknya sempat menerima surat peringatan dari Kemendagri. Surat tersebut berisi bahwa pelantikan pada 22 Maret harus mendapatkan izin tertulis dari Kemendagri. Sehingga Pemkab Gresik mengajukan permohonan yang akhirnya disetujui Kemendagri pada 26 April.

Dia menambahkan, persoalan administrasi tidak perlu dibesar-besarkan.

”Kami siap mengikuti aturan yang berlaku. Kalau perlu besok pelantikan lagi ya kami siap,” tutur Fandi Akhmad Yani.

Pelantikan kembali yang dimaksudkan Gus Yani adalah kemungkinan mengenai pengangkatan pejabat RS Gresik Sehati. Pelantikan tersebut akan dilangsungkan setelah pembangunan rampung.

Sebelumnya, Pemkab Gresik menyerahkan Surat Keputusan Pengangkatan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Terdapat 403 petugas PPPK yang dilantik hasil dari proses seleksi pada 2023.

Dalam pelantikan PPPK tersebut Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani berpesan para ASN untuk menguatkan integritas dan loyalitas. ”Ketika sudah ditetapkan maka sikap nilai sikap, moralitas, etika, semuanya diatur dalam undang-undang. Sehingga harus dijaga,” pesan Fandi Akhmad Yani. (leh)

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #pemkab #gresik #lantik #ulang #pejabat #penerima #mutasi #setelah #mendapat #izin #kemendagri

KOMENTAR