Jadi Wasit Timnas U-23 vs Korsel, Shaun Evans Pernah Bikin Indonesia dan Persib Bandung Ngamuk
Wasit asal Australia, Shaun Evans. [Instagram]
10:52
24 April 2024

Jadi Wasit Timnas U-23 vs Korsel, Shaun Evans Pernah Bikin Indonesia dan Persib Bandung Ngamuk

AFC resmi menujuk Shaun Evans sebagai wasit akan memimpin laga Timnas Indonesia U-23 melawan Korea Selatan atau Korsel.

Kedua tim bakal bentrok pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Indonesia lolos ke 8 besar setelah finish sebagai runner-up Grup A. Sementara Korsel jadi pemuncak klasemen Grup B.

Bicara soal Shaun Evans, wasit asal Australia itu punya pengalaman panjang dengan sepak bola Indonesia.

Dia pernah memimpin sederet pertandingan penting di kompetisi Liga 1 2017 dan laga Timnas Indonesia.

Hanya saja, Shaun Evans pernah membuat suporter ngamuk dan geram karena keputusan kontroversialnya yang sering merugikan Timnas Indonesia.

Salah satu contoh nyata saat memimpun lagga babak 16 Besar Asian Games 2017 antara Timnas Indonesia menghadapi Uni Emirat Arab.

Timnas yang saat itu dilatih Luis Milla itu dirasa merugikan karena memberikan dua penalti untuk Uni Emirat Arab. Indonesia pun gagal lolos ke perempat final.

Sementara Shaun Evans juga memberikan keputusan kontroversial saat menghentikan laga Persija Jakarta kontra Persib Bandung dalam laga Liga 1 2027 di Stadion Manahan, Solo, 3 November 2017.

Saat itu, Ezechiel N'Douassel sempat mencetak gol ke gawang Persija di babak pertama. Namun sayangnya tak disahkan oleh Evans.

Shaun Evans kemudian juga menghentikan pertandingan saat waktu masih menunjukan menit ke-83. Persib Bandung tak ingin melanjutkan pertandingan usai Vladimir Vujovic mendapatkan kartu merah dari wasit.

Merasa dirugikan, Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, mengajak para pemain Maung Bandung untuk menepi dari lapangan pertandingan. Shaun Evans pun kemudian meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #jadi #wasit #timnas #korsel #shaun #evans #pernah #bikin #indonesia #persib #bandung #ngamuk

KOMENTAR