Bus Terbakar Hebat di Tol Jombang-Mojokerto KM 705, Ini Dugaan Sementara dan Penyebabnya
Api membakar sebuah bus di Tol Jombang – Mojokerto KM 705 pada Rabu (17/4) pagi sekitar pukul 05.30. (fot: tangkapan layar video)
18:56
18 April 2024

Bus Terbakar Hebat di Tol Jombang-Mojokerto KM 705, Ini Dugaan Sementara dan Penyebabnya

 

Kecelakaan lalu lintas menyebabkan satu unit bus terbakar terjadi di Tol Jombang-Mojokerto (Jomo) KM 705.

Kecelakaan lalu lintas tersebut, tepatnya terjadi di Dusun Karangri, Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang.

Dilansir Radar Mojokerto (JawaPos Grup), Kamis (18/4), bus yang berjalan dari arah Jombang menuju Surabaya itu ludes dilalap api pada hari Rabu (17/4) pagi, sekitar pukul 05.30 WIB.

Awalnya, api membakar dari sisi belakang hingga bodi depan bus. Meski begitu, hingga saat ini masih belum diketahui pasti penyebab terbakarnya bus tersebut.

Dugaan awal, kobaran api dipicu oleh ban bus yang meledak. Lalu, menyambar ke bagian penyimpanan bahan bakar minyak (BBM).

Setelah itu, disekitar lokasi tampak bekas ban menghitam hingga sepanjang kurang lebih 50 meter.

Kemudian, bus pun akhirnya berhenti dan terbakar. ”Lokasi bus yang terbakar ada di KM 705 sebelum melintasi jembatan Sungai Brantas arah Jombang ke Surabaya,” ungkap Gatot, seorang pengendara.

Percikapan api yang muncul sebenarnya sudah dilakukan pemadaman menggunakan apar. Namun karena api cukup besar, proses pemadaman menggunakan apar pun tidak mampu dilakukan.

Beruntungnya, para penumpang untuk sementara dikabarkan selamat. Diketahui, mereka menyelamatkan diri sebelum bus terbakar. Dalam video amatir yang direkam Gatot, api dengan cepat membakar semua bodi bus.

Bahkan, asap tebal pun tampak membumbung tinggi dan tampak dari radius beberapa kilometer jalan tol dan pemukiman warga. ”Penumpangnya sudah keluar bus, kasihan mereka,” tandas pengendara asal Jombang ini.

Tak lama setelah kejadian, di lokasi kebakaran sudah ada petugas dari kepolisian, petugas tol dan ambulans. Mereka juga mendatangkan pemadaman kekabaran untuk membantu proses pemadaman api.

Berdasarkan pantauan dari Jawa Pos Radar Mojokerto di lokasi, api sudah berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.15 WIB. ”Saya tidak tahu persis bus itu dari PO mana, karena semua bodinya terbakar,” jelas Gatot.

Untuk diketahui, proses pemadaman api dan indentifikasi turut berdampak terhadap arus lalu lintas. Kendaraan dari arah Jombang menuju Surabaya pun bahkan sempat dihentikan.
***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #terbakar #hebat #jombang #mojokerto #dugaan #sementara #penyebabnya

KOMENTAR