Siap-siap, ASN akan Dipindah ke IKN Secara Bertahap setelah Upacara HUT ke-79 RI
Desain maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 
19:25
17 April 2024

Siap-siap, ASN akan Dipindah ke IKN Secara Bertahap setelah Upacara HUT ke-79 RI

- Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, setelah upacara HUT Kemerdekaan RI pada Agustus 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono setelah acara Halalbihalal Idul Fitri 1445 H pada Selasa (16/4/2024).

Menurut Basuki, pemindahan ASN ke IKN baru bisa dilaksanakan setelah upacara 17 Agustus karena hunian dan kantor akan digunakan oleh para petugas upacara.

"Kalau untuk ASN sendiri, rencananya akan digelar Upacara Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN, dan baru setelah itu ASN pindah ke IKN," ucap Basuki, dikutip dari Kompas.com.

Rencananya, para ASN ini akan dipindahkan secara bertahap.

Pernyataan senada juga sempat disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia menyebut pemindahan ASN ke IKN akan dilakukan secara bertahap karena sejumlah fasilitas pendukung harus dipersiapkan terlebih dahulu.

"ASN ini akan dipindah secara bertahap, karena kita harus siapkan fasilitas pendukung," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/2/2024) lalu.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas mengatakan pemindahan ASN dilakukan bertahap mengikuti penapisan kelembagaan dan ketersediaan hunian.

Target awal pemindahan ASN akan dilakukan pada Agustus 2024, kemudian dilanjut pada November dan Desember 2024.

“Hari ini saya menghadap Bapak Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung untuk membicarakan skenario pemindahan ASN ke IKN, baik jangka pendek, menengah, maupun panjang."

"Tahap awal pemindahan ditargetkan dapat dicapai untuk persiapan pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan RI di IKN pada Agustus mendatang, kemudian disusul dengan periode perpindahan pada November dan Desember 2024,” tutur Anas, Sabtu (24/2/2024) lalu.

Kloter pertama pemindahan ASN akan dilaksanakan antara Juli-Agustus 2024.

Anas juga akan mengusulkan kemungkinan ASN untuk diberikan insentif berupa tunjangan pionir.

Menurutnya, hal itu perlu diberikan sebagai bentuk apresiasi bagi para ASN.

Mengingat pada tahap awal pemindahan, IKN belum memiliki infrastruktur dan kebutuhan pokok selengkap Jakarta.

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, hunian di IKN yang disediakan bagi ASN dan TNI/Polri pada tahun 2024 mencapai 47 tower.

Dengan rincian, ASN akan menempati 29 tower atau 1.740 unit hunian, dan TNI/Polri menempati 18 tower atau 1.080 unit hunian.

"Kita tidak hanya memindahkan ASN ke IKN saja, namun juga menyiapkan SDM unggul yang memiliki kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Terutama mampu multitasking dan menerapkan nilai BerAKHLAK adaptif dan kolaboratif," tambah Anas.

Untuk memindahkan ASN ke IKN, persiapan yang baik mulai dari SDM hingga tata kelola pemerintahan sangat diperlukan.

Nantinya, IKN akan mengusung konsep kota pintar atau smart city.

Tata kelola pemerintahan di IKN juga didukung green design, green building, serta green open space.

(Tribunnews.com/Jayanti Tri Utami/Rina Ayu Panca Rini) (Kompas.com)

Editor: Nuryanti

Tag:  #siap #siap #akan #dipindah #secara #bertahap #setelah #upacara

KOMENTAR