Korlantas Temukan 19.611 Pelanggaran Lalu Lintas selama Arus Mudik Lebaran
ONE-WAY: Suasana lalu lintas arus balik Lebaran di Km 181 tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu. (14/4/2024). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
09:40
14 April 2024

Korlantas Temukan 19.611 Pelanggaran Lalu Lintas selama Arus Mudik Lebaran

- Peningkatan arus balik kemarin terlihat di ruas tol area Jabodetabek. "Pada ruas tol Jagorawi terpantau volume lalu lintas cukup tinggi dari arah Puncak, Sukabumi, dan sekitarnya menuju Jabodetabek melalui gerbang tol Ciawi 2,” ucap Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Panji Satria kemarin.

Tercatat 42.722 kendaraan yang melintas. Sedangkan dari tol layang MBZ menuju Jabodetabek di ruas tol JORR melalui GT Cikunir 6, terdapat 19.834 kendaraan yang melintas.

Dengan peningkatan volume kendaraan di jalan tol, Korlantas Polri akhirnya resmi memberlakukan one-way sejak Sabtu pukul 15.00 WIB. One-way tersebut berlangsung dari Km 414 tol Kalikangkung hingga Km 72 tol Cipali. Pemberlakuan one-way itu sempat tertunda dari jadwal yang seharusnya dilakukan pada Jumat.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pemberlakuan one-way mengacu pada parameter volume kendaraan yang telah mencapai lebih dari 3 ribu kendaraan per jam. "Sudah sejak pukul 13.00 dilakukan persiapan berupa pembersihan dan pemasangan rambu one-way," ujarnya.

Dengan peningkatan arus kendaraan tersebut, Korlantas memprediksi puncak arus balik terjadi pada Minggu (14/4) hingga Senin (15/4). Karena itu, dia berharap masyarakat menghindari puncak arus balik. ’’Diimbau untuk pulang lebih lambat supaya tidak terjebak kepadatan,’’ ucapnya.

Sementara itu, Operasi Ketupat yang dimulai sejak 4 April bakal berlangsung hingga 16 April lusa. Sesuai data Korlantas, jumlah kecelakaan selama Operasi Ketupat hingga Jumat (12/4) atau selama delapan hari mencapai 317 kejadian. Sedangkan korban meninggal dunia sebanyak 43 orang. Lalu, luka berat 63 orang dan luka ringan 426 orang. "Tercatat juga terjadi 19.611 pelanggaran dengan 19.060 dilakukan teguran dan 551 tilang elektronik," urainya.

Stok BBM

Memasuki masa puncak arus balik, Pertamina Patra Niaga memonitor ketersediaan BBM di jalur-jalur krusial. Termasuk jalur Jogjakarta menuju akses tol fungsional Klaten.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra mengatakan, keandalan layanan saat arus balik sama pentingnya seperti arus mudik lalu. "Melihat pergerakan arus mudik, kami di lapangan terus memastikan BBM tersedia bagi masyarakat. Berkaca pada arus mudik, tol fungsional Klaten menuju Jogjakarta ini menjadi salah satu jalur yang ramai dimanfaatkan pemudik,” terang Mars Ega kemarin (13/4).

Pada masa mudik lalu, terjadi peningkatan sekitar 39 persen untuk konsumsi BBM gasoline di jalur Sragen menuju Jogjakarta.

Selain mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM, Mars Ega mengatakan, pihaknya menyiagakan 2 motoris Pertamina Delivery Service (PDS). Satu motoris berada di gate fungsional Banyudono–Boyolali dan satu lagi bersiaga di exit Ngawen–Klaten.

"Terjadi lonjakan konsumsi BBM, sedangkan di tol fungsional ini belum ada akses SPBU, di sinilah motoris hadir. Saat arus mudik lalu, (tadi) ada tiga pemudik yang dibantu oleh layanan motoris kami,” lanjut Ega. (idr/lyn/dee/c17/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #korlantas #temukan #19611 #pelanggaran #lalu #lintas #selama #arus #mudik #lebaran

KOMENTAR