Kisah Menarik Momen Mudik: Seorang Perempuan Melahirkan dalam Perjalanan di KA Bekasi-Cepu
Ilustrasi melahirkan (Pixabay/9092)
06:52
12 April 2024

Kisah Menarik Momen Mudik: Seorang Perempuan Melahirkan dalam Perjalanan di KA Bekasi-Cepu

Musim mudik Lebaran 2024 menghadirkan momen-momen yang menarik bagi pemudik. Tak disangka seorang perempuan harus melahirkan dalam perjalanan mudiknya. Momen itu terjadi di Kereta Api (KA) Sembrani relasi Bekasi-Cepu.

Melansir situs KAI, seorang perempuan yang tengah hamil besar melahirkan di tengah perjalanan menuju kampung halamannya di Cepu, Jawa Tengah.

Beruntung, berkat kesigapan dan koordinasi solid antara petugas KAI, dokter anak bernama Rina Pratiwi, dan bidan Feni Wulandari, proses persalinan berjalan lancar dan bayi laki-laki Meliana lahir dengan selamat.

"Atas kejadian tersebut KAI memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan yang telah membantu ibu yang sedang dalam proses melahirkan di kereta api serta tim KAI yang memberikan responsif untuk membantu,” kata VP Public Relation KAI Joni Martinus, dikutip 11 April 2024.

Joni menambahkan, KAI memiliki ketentuan bagi ibu hamil yang menggunakan jasa kereta api.

Untuk diketahui, Ibu hamil dengan usia kehamilan 14-28 minggu wajib didampingi minimal 1 orang dewasa saat naik KA. Bagi yang di luar usia tersebut wajib menyertakan surat keterangan dokter yang menyatakan kondisi kehamilannya sehat.

Di juga mengimbau untuk melaporkan kondisinya saat boarding atau membawa surat keterangan dokter agar tim KAI dapat memprioritaskan keselamatannya.

KAI juga telah menyiapkan Posko Kesehatan dan bekerja sama dengan rumah sakit di sekitar stasiun untuk mengantisipasi situasi seperti ini.

Kisah Meliana ini menjadi pengingat bagi para ibu hamil yang ingin bepergian dengan kereta api untuk selalu mengikuti ketentuan yang berlaku dan melaporkan kondisinya kepada petugas.

Editor: Eliza Gusmeri

Tag:  #kisah #menarik #momen #mudik #seorang #perempuan #melahirkan #dalam #perjalanan #bekasi #cepu

KOMENTAR