Candaan Kapolri kepada Penumpang Kereta Api saat Tinjau Situasi Mudik di Stasiun Senen
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menyapa secara langsung penumpang yang akan mudik menggunakan kereta api di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2024). 
18:49
6 April 2024

Candaan Kapolri kepada Penumpang Kereta Api saat Tinjau Situasi Mudik di Stasiun Senen

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau secara langsung keberangkatan para pemudik kereta api dari Stasiun Senen, Jakarta Pusat pada Sabtu (6/4/2024) sore.

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com, Kapolri beserta rombongan tiba di Stasiun Senen sekitar pukul 16.26 WIB.

Setibanya di stasiun, jenderal polisi bintang empat itu langsung berjalan menuju area dalam untuk memantau keberangkatan para pemudik.

Pada saat itu Listyo Sigit terpantau masuk ke salah satu rangkaian gerbong kereta Manoreh tujuan Jakarta-Semarang.

Di gerbong kereta kelas ekonomi itu Listyo pun menyapa beberapa penumpang.

Mantan Kabareskrim Polri itu juga bertanya kepada para penumpang terkait tujuan mereka mudik tahun ini.

"Mau pulang kemana?" tanya Listyo Sigit.

"Ke Cirebon Pak," saut salah satu penumpang laki-laki berbaju hitam.

Tak hanya itu, pada saat melakukan tinjauan tersebut Kapolri juga tampak melempar candaan kepada para penumpang.

Kala itu Listyo meminta kepada salah satu penumpang laki-laki berbaju hitam agar saling berkenalan dengan penumpang yang ada di depannya.

Adapun candaan itu Listyo ungkapkan bermula saat ia bertanya apakah memiliki tujuan yang sama saat berangkat mudik.

Sebagaimana diketahui posisi tempat duduk atau kursi yang berada di kelas ekonomi memang saling berdekatan satu sama lain.

Alhasil hal itu pun menjadi perhatian Listyo Sigit.

"Kalian sama-sama berangkatnya?" tanya Kapolri.

"Enggak pak, baru ketemu, baru kenalan," jawab penumpang tersebut.

"Oh yaudah-yaudah kenalan dulu," ucap Listyo sambil tertawa.

Usai meninjau secara langsung dari dalam gerbong, Listyo pun mengakui bahwa kereta api masih menjadi pilihan favorit masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik.

Ia juga memastikan bahwa dirinya belum menemukan adanya kendala berarti dalam pelaksanaan mudik Lebaran 2024 ini.

"Yang jelas ini sebenarnya peninjauan kita. Sepintas terlihat masyarakat, penumpang memang kereta api menjadi salah satu angkutan mudik yang diminati. Semuanya tidak ada kendala," pungkasnya.

Adapun dalam tinjauan itu, Kapolri hadir bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat sebanyak 47.005 penumpang berangkat pada hari ini, Sabtu (6/42024) atau H-4 Lebaran.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menyebut seluruh penumpang itu berangkat dari Stasiun Gambir 19.192 penumpang, Stasiun Pasar Senen 26.777 penumpang dan sisanya dari beberapa stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta, meliputi Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi, Cikampek, Karawang dan Cikarang.

Ia menerangkan jumlah penumpang pada hari ini merupakan yang tertinggi dibanding kemarin pada H-5 Lebaran dengan 46.509 penumpang dan esok hari di angka 46.374 calon penumpang yang telah memiliki tiket.

"Berdasarkan data hari ini tanggal 6 April 2024, hari ini merupakan puncak arus mudik tertinggi, yaitu sebanyak 47 ribu lebih pemudik menggunakan jasa angkutan kereta api yang berangkat dari Jakarta,” kata Ixfan dalam keterangannya, Sabtu (6/42024).

Dari keseluruhan kereta yang berangkat dari Daop 1, Kota Surabaya dan Malang, Jawa Timur menjadi destinasi favorit masyarakat disusul Solo, Kutoarjo, dan Purwokerto di Jawa Tengah secara berurutan.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #candaan #kapolri #kepada #penumpang #kereta #saat #tinjau #situasi #mudik #stasiun #senen

KOMENTAR