Presiden Jokowi Resmi Lantik Tonny Harjono jadi KSAU
Tonny Harjono dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Fadjar Prasetyo di Istana Negara, Jumat (5/4/2024). [Tangkapan layar akun YouTube Setneg]
12:56
5 April 2024

Presiden Jokowi Resmi Lantik Tonny Harjono jadi KSAU

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Fadjar Prasetyo pada hari ini, Jumat (5/4/2024).

Pelantikan Tonny itu berdasarkan Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024. Tonny lantas disumpah jabatan saat acara pelantikan di Istana Negara.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung tinggi etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjujung tinggi sumpah prajurit,” ucap Tonny mengulang perkataan presiden, Jumat (5/4/2024).

Usai dilantik, mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II mengalami kenaikan pangkat, dari Marsekal Madya menjadi Marsekal.

Kenaikan pangkat Tonny berdasarkan Keppres Nomor 26/TNI/2024 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi TNI.

"Menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada perwira tinggi TNI atas nama Marsekal Madya TNI Muhammad Tonny Harjono NRP 517457 menjadi Marsekal TNI," ujar Sekretaris Militer Presiden, Mayjen TNI Rudy Saladin.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi memastikan pelantikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) dilakukan pada Jumat, 5 April 2024. Jokowi sebelumnya sudah menunjuk Marsekal Madya Tonny Harjono untuk menjadi KSAU.

"Pelantikan KSAU hari Jumat," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (3/4/2024).

Jokowi juga telah menandatangani pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU. Fadjar akan digantikan Marsekal Madya Tonny Harjono.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan pemberhentian dengan hormat Fadjar tertuang melalui Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024.

"Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KASAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KASAU yang baru," kata Ari kepada wartawan, Selasa (2/4/2024).

Ari mengatakan, Keppres mulai berlaku saat pelantikan Tonny sebagai KSAU.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #presiden #jokowi #resmi #lantik #tonny #harjono #jadi #ksau

KOMENTAR