Ide Pengganti THR untuk Anak, Membahagiakan Sekaligus Mendidik saat Hari Raya
Ilustrasi mengganti THR. (Klikdokter)
07:56
3 April 2024

Ide Pengganti THR untuk Anak, Membahagiakan Sekaligus Mendidik saat Hari Raya

 – Momen lebaran biasanya identik dengan bagi-bagi THR. Bukan hanya anak-anak, orang tua pun tak mau ketinggalan menerima hadiah uang di hari raya.

Melansir situs morinagachilgo, adakalanya Anda perlu membentuk pola pikir anak agar tidak terpaku dengan uang. Caranya dengan dengan mengganti uang dengan hal lain yang bermanfaat.

Situs klikdokter juga sepakat dengan hal tersebut bahwa banyak hal yang lebih menyenangkan daripada menerima uang. Bahkan, pengganti THR bisa bermanfaat dalam jangka panjang.

Berikut adalah alternatif ide pengganti THR Lebaran untuk anak-anak yang bermanfaat dan tetap menyenangkan:

1. Kursus SIngkat

Berikan pengganti THR Lebaran dalam bentuk biaya pelatihan singkat bagi anak-anak. Misalnya, Anda bisa membayar biaya kursus musik, bahasa atau coding.

Selain mendidik pola pikir anak tentang THR, kegiatan ini akan membantu mereka meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

Kursus singkat bisa dilaksanakan selama masa liburan lebaran maupun pada saat lainnya menyesuaikan dengan jadwal sekolah anak. Bahkan, Anda bisa melakukannya secara online.

2. Tabungan atau Investasi

Berikan pengganti THR Lebaran dalam bentuk tabungan atau investasi untuk anak-anak. Bantu mereka membuka rekening dan ajarkan pentingnya menabung dan mengelola uang sejak dini.

Memberikan THR dalam bentuk uang fisik cenderung akan seketika dibelanjakan. Hal ini secara tidak langsung mendidik anak konsumtif.

Mengganti THR dengan tabungan akan melatih anak untuk berpikir sebelum membelanjakan barang. Anak akan terlatih dengan pola pengaturan keuangan dan tabungan masa depan.

3. Hadiah Perlengkapan Belajar

Berikan hadiah perlengkapan untuk menunjang kegiatan belajar. Anda bisa memberikan buku-buku cerita, alat tulis, atau peralatan untuk mendukung proses belajar anak-anak.

Hadiah ini tidak hanya akan memberikan mereka kesempatan untuk belajar dan mengembangkan minat mereka, tetapi juga memberikan nilai yang berkelanjutan.

4. Rekreasi Edukatif

Berikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak sebagai pengganti THR Lebaran. Anda bisa membayar biaya untuk mengunjungi tempat-tempat rekreasi edukatif.

Beberapa tempat seperti museum, planetarium atau geopark bisa menjadi alternatif pengganti THR. Selain menyenangkan, tempat-tempat tersebut dapat memberikan pengalaman belajar yang berharga.

5. Mainan Edukatif

Berikan mainan-mainan edukatif yang dapat membantu anak-anak belajar sambil bermain. Alternatif ini bukan hanya menggantikan THR, tetapi manfaatnya juga jangka panjang.

Pilih mainan-mainan yang sesuai dengan usia dan minat mereka, seperti puzzle, mainan konstruksi, atau permainan edukatif yang mengajarkan konsep matematika atau sains secara interaktif.

6. Kegiatan Keluarga

Manfaatkan pengganti THR Lebaran dengan mengagendakan family time seperti piknik, berkemah, atau mengadakan acara keluarga yang melibatkan semua anggota keluarga.

Ini akan mempererat hubungan keluarga dan menciptakan kenangan yang berharga bagi anak-anak. Di sela-sela kegiatan, Anda dapat menyisipkan cerita, pengalaman dan nasihat untuk anak-anak.

7. Pengalaman Khusus

Berikan pengalaman khusus yang diinginkan anak-anak, seperti mengunjungi tempat atau acara yang mereka idamkan.

Anda bisa memberikan hal ini sebagai kejutan pada saat liburan. Pergi ke tempat yang mereka inginkan lalu rayakan hari itu secara istimewa dengan cara yang mereka sukai.

Pengganti THR Lebaran bukan sekadar bermanfaat. Anda juga akan memberikan nilai-nilai penting seperti pendidikan, pengembangan diri, dan kebersamaan keluarga.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pengganti #untuk #anak #membahagiakan #sekaligus #mendidik #saat #hari #raya

KOMENTAR