Menteri Basuki: Pelantikan Presiden Baru Akan Digelar di Ibu Kota Nusantara
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ditemui awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/3/2024). (Suara.com/Novian)
18:48
2 April 2024

Menteri Basuki: Pelantikan Presiden Baru Akan Digelar di Ibu Kota Nusantara

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pelantikan Presiden baru Republik Indonesia akan digelar di Ibu Kota Nusantara atau IKN. Presiden ke-8 itu nantinya akan menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pelantikan presiden rencananya sih di sana (IKN)," kata Basuki ditemui wartawan di Kompleks DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2024).

Selain itu, Basuki juga menyampaikan upacara perayaan 17 Agustus 2024 rencananya akan digelar di IKN.

"Kalau 17 Agustusan di sana, nanti mungkin pidato kenegaraan masih tetap di sini. 17 Agustus upacaranya rencananya masih di sana," ucap Basuki.

"Pelantikan presiden Insyaallah udah di sana. Rencananya begitu," lanjut Basuki.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengatakan saat ini IKN masih melalui proses pembangunan tahap I.

Ia menyebut salah satu momen yang paling penting dalam masa pembangunan tahap awal itu adalah Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2024. Hal itu disampaikan Bambang saat rapat dengan pendapat dengan Komisi II DPR RI, Senin (18/3/2024)

"Pemindahan tahap awal hingga akhir tahun ini, di mana salah satu yang penting adalah akan adanya satu perayaan HUT ke-79 Indonesia di IKN pada tanggal 17 Agustus 2024," ujar Bambang di Kompleks DPR RI, Jakarta Pusat.

Pembangunan tahap pertama IKN ditargetkan selesai hingga akhir tahun 2024. Bambang menerangkan, setelah itu IKN akan melewati proses pembangunan sebanyak empat kali.

"Namun setelah itu 20 tahun setelah itu hingga 2045 akan ada empat tahap masing-masing tahap lima tahunan kita melihat satu pembangunan yang harus berkelanjutan," ucap Bambang.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #menteri #basuki #pelantikan #presiden #baru #akan #digelar #kota #nusantara

KOMENTAR