BMKG Prediksi Mudik Lebaran 3 - 9 April Diguyur Hujan, Pemudik Diminta Waspada
Ilustrasi hujan - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta pemudik mewaspadai hujan hingga potensi banjir saat mudik lebaran 2024. Nantinya, cuaca hujan dengan intesitas sedang akan dimulai dari 3 April sampai 9 April 2024. 
13:37
2 April 2024

BMKG Prediksi Mudik Lebaran 3 - 9 April Diguyur Hujan, Pemudik Diminta Waspada

- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta pemudik mewaspadai hujan hingga potensi banjir saat mudik lebaran 2024. Nantinya, cuaca hujan dengan intesitas sedang akan dimulai dari 3 April sampai 9 April 2024.

"Mulai tanggal 3 hingga 9 April yaitu sepekan sebelum lebaran, yang perlu diwaspadai adanya hujan dengan intensitas sedang," ucap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati saat rapat kerja soal mudik bersama Komisi V DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2024). 

Dijelaskan Dwikorita, daerah yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Papua.

Ia pun meminta daerah Kalimantam Barat untuk mewaspadai hujan dengan potensi banjir. Hal tersebut karena adanya pertemuan antara sungai yang membuat daerah itu kerap mengalami banjir.

"Hujan intensitas sedang dapat mebimbulkan permasalahan banjir ataupun genangan karena memang kondisi alamnya disitu juga ada pertemuan sungai yang membuat lebih sensitif alami banjir meskipun tidak hujan lebat," katanya.

Sementara itu, kata Dwikorita, hujan dengan intesitas sedang juga akan terjadi setelah mudik lebaran. Nantinya, ada sejumlaj daerah yang akan mengalami cuaca buruk tersebut.

"Sepekan setelah lebaran 17 hingga 23 april, sekali lagi Kalbar ini intensitas sedang. Kemudian Kalteng, Sulwesi Tengah, Sulut, Maluku, Papua Barat," pungkasnya.

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #bmkg #prediksi #mudik #lebaran #april #diguyur #hujan #pemudik #diminta #waspada

KOMENTAR